Tanjungpandan (WP) Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein, Rabu siang pukul 14.00 WIB tanggal 28 Januari 2009 mengambil sumpah PNS dan mengangkat Sekretaris Desa menjadi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, bertempat di ruang Serba Guna Pemkab Belitung, kompleks Kantor Bupati Jalan A. Yani No.1 Tanjungpandan Belitung.

Pengangkatan Sekretaris Desa Menjadi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung ini didasarkan pada Surat Keputusan Bupati Belitung Nomor: 821/173/KEP/IX/2008 tanggal 31 Desember 2008.

Mengawali sambutannya, Darmansyah mengatakan bahwa momentum pengambilan sumpah PNS memiliki arti penting yang menandai awal pengabdian yang relatif panjang bagi pelayan publik atau PNS. Sejatinya, seorang pelayan publik yang baik haruslah memberikan pelayanan prima yang didasari keikhlasan, kesadaran yang tinggi, profesionalisme, integritas, loyalitas, kesetiakawanan moral dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana yang termaktub dalam janji Panca Prasetya Korp Pegawai Republik Indonesia.

”Pengambilan Sumpah PNS ini memiliki makna yang mengikat ke dalam dan ke luar”’ tegas Darmansyah. Secara internal, terdapat komitmen yang harus dilaksanakan oleh setiap PNS bahwa hidup adalah pengabdian setiap waktu kepada masyarakat, nusa dan bangsa. Dan secara eksternal dimaksudkan bahwa selain diri sendiri maka pengambilan sumpah ini juga disaksikan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Zat Maha Suci dimana kepadaNya, suatu hari nanti semua yang dilakukan di dunia ini akan dituntut pertanggungjawabannya.

Karena itu, menurut Darmansyah sebagai insan yang beriman dan bertaqwa kepadaNya, bersyukurlah akan kesempatan untuk pengabdian tersebut yang selanjutnya harus diwujudkan melalui kerja nyata dan prestasi-prestasi, sehingga kesempurnaan pengabdian itu memiliki nilai yang semakin sarat makna, baik bagi diri sendiri, masyarakat maupun negara.

Dikatakan pula oleh Darmnsyah bahwa selain pengabdian dan ukiran prestasi yang harus dicapai, maka hal terpenting yang harus dilakukan oleh setiap PNS adalah memberikan teladan yang baik kepada masyarakat. Dengan demikian citra diri PNS menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, utamanya dalam hal disiplin dan profesionalisme. Motivasi diri yang positif untuk bekerja dengan baik, tidak harus selalu diukur dengan materi. Namun yang terpenting adalah komitmen dan rasa tanggung jawab pada diri dan Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana makna yang dimaksudkan dalam sumpah PNS.

Dalam pengarahannya, Darmansyah berharap kepada para Sekretaris Desa yang baru diangkat, agar dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan disiplin yang tinggi mengingat arti penting Sekretaris Desa sebagai administrator sekaligus salah satu motor penggerak pembangunan di pedesaan. Dan, kepada seluruh PNS yang baru diambil sumpahnya diharapkan agar senantiasa memberikan karya terbaik, tekun dalam bekerja dan dapat meningkatkan kompetensi dirinya dari waktu ke waktu. ”Perjalanan bangsa ini ke depan sangat ditentukan oleh kualitas kerja para PNS untuk mengatasi persoalan yang ada ditengah hantaman krisis global” ujar Darmansyah menegaskan harapannya..

”Don’t ask your nation what they can do for you, but ask yourself what you can do for them” ungkap Darmansyah mengutip satir negarawan besar John F.Kennedy untuk menyegarkan kembali spirit akan pengabdian PNS di akhir sambutannnya.

Turut hadir pada kesempatan ini antara lain Sekda Kabupaten Belitung Ir. H. Mulgani, Asisten Bidang Administrasi Drs. H. Jasagung Heriyadi, M.Si., para Kepala Dinas/ Lembaga/Badan/Kantor/Bagian di Lingkungan Pemkab Belitung. (Zakina)