Tanjungpandan (WP), Bertempat di Ruang Sidang Bupati, Ir.Darmansyah Husein melakukan percakapan melalui fasilitas 3G dengan GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Sumbagsel, I Ketut Susila Dharma yang berada di Jaguar Music Resto saat press conference Launching 3G pada hari Rabu di Pangkalpinang (21/1).

Kehadiran 3G dari operator terbesar di Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan daya dukung terhadap pembangunan bidang kepariwisataan di Kabupaten Belitung. Sebagaimana yang diungkapkan Bupati Belitung, Ir.Darmansyah Husein yang didampingi Kabag Humas, Suharyanto SAP Rabu (21/1).

Pelanggan Telkomsel di Sumbagsel yang kini mencapai lebih dari 6,2 juta pelanggan selain diharapkan berperan dalam mempromosikan program unggulan Provinsi Babel berbasis sektor pariwisata dengan Visit Babel Archi 2010 juga dapat meningkatkan daya dukung terhadap kegiatan Sail Indonesia pada tahun 2009 nanti.

Regional Account Manager, Grapari Pangkalpinang, M.Andy Bachtiar mengungkapkan kehadiran 3G diharapkan dalam mendukung operasional kerja Pemda Belitung dalam rangka memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat dengan fasilitas 3G Telkomsel. Saat ini coverage area di pulau Belitung mencakup Buding, Buluh Tumbang, Perawas hingga pusat kota Tanjunpandan. “Dengan pengembangan kawasan pariwisata, diharapkan teknologi 3G juga dapat mencakup kawasan Tanjung Tinggi di Utara dan kawasan pantai wisata Tanjungpendam nantinya” ujar Darmansyah. Dengan mobile modem saat ini kawasan wisata Tanjungpendam dapat menakses internet dengan kecepatan sekitar 276 kbps. Kecepatan akses melewati tiga generasi yakni GPRS, EDGE (2,5 G), UMTS (3G) dan HSDPA (3,5G). Berdasarkan uji akses yang dilakukan Wartaparja, cakupan dan kecepatan akses 3G telkomsel belum merata, di kawasan perkantoran Pemda Kabupaten Belitung misalnya dapat diakses dengan dengan kecepatan 1200 kbps sedangkan di Tanjungpendam 276 kbps. Berbeda dengan GPRS, dengan akses 3G selain dapat mengetahui penelpon, masyarakat juga dapat menerima telpon dan sms berbarengan dengan akses internet tanpa gangguan.

Bupati Belitung Ir.Darmansyah Husein juga mengharapkan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini akan mendukung program desiminasi informasi seperti adanya sms (SMS Gateway) yang mampu menyebarkan informasi pelayanan dasar seperti Jaminan Kesehatan Belitung. Fitur 3G Telkomsel meliputi video call, video converence, video surveillance, mobile TV, Mobile video, serta high speed browsing inter and data download mencapai 3,2 Mbps

Telkomsel menawarkan paket berlangganan 12 bulan TelkomselFlash time base dan paket berlangganan 12 bulan Telkomsel Unlimited yang diperuntukan bagi corporate. Tarif TelkomselFlash Time Based terdiri dari tarif Lite Rp.225.000 /25 jam, Tarif Medium Rp.325.000/65 jam dan Tarif Savvy Rp.500.000/170 jam. Sedangkan kelebihan pemakaian dikenakan tarif Rp. 350/menit. Sementara TelkomselFlash Unlimited meliputi paket Lite Rp.225.000/up to 256 Kbps, Tarif Medium Rp. 325.000/up to 512 Kbps dan paket Savvy Rp.500.000/up to 3,6 Mbps. (fithrorozi)