Tanjungpandan (WP), 889 Suara yang diraih Syahroni akhir menentukan persaingan ketat dengan Purnama Ningsih (881 suara) yang mengantarkannya sebagai Kades Tanjung Binga Periode 2008-2014 melalui Hasil Pemilihan Kepala Desa yang diselenggarakan pada tanggal 23 Nopember 2008. Sementara 4 calon Kades lainnya masing-masing Sunandar Sani memperoleh 253 suara dan Jumidi memperoleh 205 suara.

Desa Tanjung Binga merupakan desa pesisir dengan 3208 pemilih yang tercantum dalam daftar Pemilih Tetap. Dari jumlah tersebut terdapat 910 pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya.Sedangkan suara sah tercatat sejumlah 2238 suara dengan 60 suara tidak sah. Demikian isi surat yang dikirimkan Camat Sijuk Drs.H.Ramansyah kepada Bupati Belitung melalui Kabag Tata Pemerintahan.

Syahroni adalah putra kelahiran Desa Tanjung Binga, pada tanggal 11 November 1967. Pendidikan terakhirnya adalah SLTP yang sebelumnya bekerja sebagai wiraswasta. Syahroni ditetapkan sebagai Kades Tanjung Binga Periode 2009-2015 berdasarkan Keputusan Bupati Belitung Nomor 188.45/001/KEP/I/2009 tentang Pemberhentian Kepala Desa dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Hasil Pemilihan Kepala Desa Tanjung Binga Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung Periode 2009-215 tertanggal 5 Januari 2009. Syahroni ditetapkan sebagai Kades Tanjung Binga mengganti Suryanto yang berlangsung di Kantor Desa Tanjung Binga, Selasa 20 Januari 2009 pada pukul 10:00 wib.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung Ir.Darmansyah Husein berpesan kepada masyarakat Desa Tanjung Binga saya harapkan agar memberikan dukungan Kepala Desa Terpilih, karena tugas membangun desa ini merupakan tugas kolektif yang memerlukan dukungan dan peran serta seluruh masyarakat desa. Tanpa dukungan dan peran serta masyarakat, mustahil seorang Kepala Desa dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, sesuai yang kita harapkan.

Desa Tanjung Binga berada di daerah tujuan wisata.Untuk itu pemerintah daerah terus berupaya memfasilitasi pemberdayakan masyarakat daerah tujuan wisata. Salah satu bentuknya adalah melalui kegiatan Sail Indonesia di Tanjung Kelayang, yang telah kita laksanakan sejak tahun 2007. Tahun 2009 program ini kita lanjutkan, sebagai wujud konsistensi program jangka panjang pemberdayaan masyarakat daerah tujuan wisata dan promosi potensi wisata daerah.

Program ini memerlukan dukungan semua pihak, terlebih jajaran pemerintah dan masyarakat Kecamatan Sijuk. Wujudnya antara lain aktualisasi Sapta Pesona, yakni citra keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramah tamahan dan kenangan, yang harus dibangun di daerah tujuan wisata. Demikian Ir.Darmansyah Husein menyampaikan sambutan dalam acara pengambilan sumpah Syahroni sebagai Kepala Desa Tanjung Binga (fithrorozi)