Membalong (WP), Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dan Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA., beserta para Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan kunjungan kerja perdana pada awal masa jabatannya ke Kecamatan Membalong. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mensosialisasikan program kerja pemerintah serta menjaring aspirasi masyarakat melalui para Kades/perangkat desa dan Kepala BPD se Kecamatan Membalong.
Kunjungan kerja ini diisi dengan beberapa kegiatan, diantaranya: Dialog atau dengar pendapat dengan para Kades dan BPD se Kecamatan Membalong, serta para tokoh agama/pemuda/wanita/masyarakat se Kecamatan Membalong, Peninjauan Tempat Penampungan Air di Dusun Gura, Mentigi, dan Peninjauan bangunan fisik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutiara di Desa Mentigi-Membalong. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan secara estapet, dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB pada hari Kamis, 15 Januari 2009. Khusus untuk dialog langsung diselenggarakan di Aula Kantor Camat Membalong, didampingi oleh Camat Membalong, M.Anas Nasito.
Dalam pengarahannya Bupati Belitung menyampaikan beberapa point penting terkait dengan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2009 di Kecamatan Membalong, diantaranya pengadaaan air bersih bagi masyarakat, pemasangan lampu jalan, pembuatan sumur, pembuatan jalan, pemberian kredit ringan bunga, pembibitan ikan air tawar, pengadaan speed boat atau kapal cepat Teluk Gembira-Sumedang, beasiswa berprestasi serta pelayanan KTP massal bagi masyarakat Membalong.
“Kunjungan kerja ini adalah langkah baru membangun Membalong,”ujar Darmansyah memulai pengarahannya. Pembinaan rutin ditiap-tiap kecamatan secara rutin merupakan tugas pokok fungsi (Tupoksi) dari Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, BA., namun untuk kunjungan perdana ini saya bersama Wabup akan terjun langsung ke lapangan,”tegas Darmansyah menambahkan.
Lebih lanjut Darmansyah juga berharap agar para Kepala Desa dan perangkat desa lainnya tidak terlalu sering meninggalkan desa, sehingga dapat memantau perkembangan yang terjadi di masyarakat. “Masyarakat harus senantiasa didampingi,”kata Darmansyah.
Hal ini penting untuk dilakukan mengingat situasi ekonomi dunia saat ini sedang mengalami krisis global. Tingkat pengangguran kian hari kian bertambah, kriminalitas meningkat, harga bahan pokok naik drastis tanpa dibarengi daya beli masyarakat. Belum lagi krisis energi. Menghadapi semua persoalan ini, hal utama yang harus dilakukan adalah mempercepat semua program kebijakan yang pro rakyat. Kita harus speed up (berjalan cepat) agar dampak krisis global ini dapat diminimalisir.
Bersama dengan Wakil Bupati, dirinya juga meminta agar para kades di Kecamatan membalong dapat menggerakkan ekonomi pedesaan melalui penetapan produk desa unggulan sehingga belanja desa yang selama ini tergantung pada dana APBD dapat ditopang dengan kemandirian desa.
Disadari olehnya pula bahwa suasana kondusif perlu senantiasa dijaga dan ditingkatkan menjelang dan selama Pemilu Legislatif dan Eksekutif 2009 dilaksanakan. Kepada seluruh masyarakat juga dihimbau untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik, dan kepada para Kades yang ikut menjadi caleg diharapkan untuk segera mengundurkan diri sebagaimana yang dimaksudkan dalam peraturan pemerintah. Selain itu, kepada para PNS diharapkan dapat bersikap netral, tetap memberikan hak suara tanpa harus ikut berkampanye.
Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA mengatakan bahwa Kegiatan seperti sengaja menjadi prioritas, dengan maksud untuk melakukan pembinaan tentang penyelenggaraan pembangunan guna menyamakan gerak langkah dan persepsi yang benar berkaitan dengan banyak bidang, sehingga ke depan, bila terjadi masalah pemerintah dan masyarakat dapat duduk berdampingan mencari solusi terbaik dan tidak saling menyalahkan. “Inilah manfaat dari kegiatan kunjungan kerja ini,” tegas Sahani Saleh.
Turut mendampingi Bupati pada kunjungan kerja dan pembinaan ke Kecamatan Membalong ini, antara lain: Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Marwan Syaukani, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Drg Dian Farida MHM,, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir. Toni Batubara, MT, Kepala Dinas Pertambangan Ir. Ubaidillah, Kepala Dinas Pendidikan Sumardi, S.Pd., Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Hendra Caya, SE., M.Si., Kepala Kantor Satpol PP Ansyorini, BA, Kabag Humas Suharyanto, SAP, Kabag Sosial Ahyat, SAP, serta sejumlah aparatur di lingkungan Pemkab Belitung.(Zakina)