Tanjungpandan (WP), Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein, Rabu siang 14 Januari 2009 pukul 02.00 WIB menyerahkan secara simbolis Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2009. Penerima DPA SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung secara simbolis ini antara lain: Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pekerjaan umum, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan, Camat Tanjungpandan, Lurah Parit, dan Kepala SMA I Tanjungpandan.

Turut mendampingi Bupati Belitung pada penyerahan DPA SKPD ini , Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA dan Sekda Kabupaten Belitung Ir. H. Mulgani, bertempat di ruang Sidang Pemkab Belitung. Selanjutnya diserahkan pula hasil sensus inventaris barang daerah tahun 2008 oleh Sekda Kabupaten Belitung Ir. H. Mulgani kepada Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Belitung.

Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam arahannya mengatakan bahwa penyerahan DPA SKPD ini hanyalah merupakan starting point realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), setelah rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) yang dibahas dan dievaluasi oleh Pemerintah Propinsi untuk ditetapkan menjadi APBD dengan Peraturan Daerah dan ditindak lanjuti dengan penerbitan Peraturan Bupati tentang penjabaran APBD dan DPA.

“Pada tahun anggaran 2009 DPA diterbitkan dan diserahkan lebih awal, oleh karena itu, kita patut bersyukur” tandas Darmansyah. Dengan demikian Kegiatan APBD dapat dilaksanakan sejak awal tahun anggaran, sehingga tidak ada alasan untuk memperlambat realisasi program.

Disadari oleh Darmansyah bahwa penyerahan DPA hanyalah titik tolak. Namun, cepat atu lambat realisasi kegiatan APBD dikembalikan kepada kinerja masing-masing SKPD. Pengalaman selama ini menunjukkan, kegiatan APBD seringkali menumpuk di akhir tahun anggaran, sehingga berdampak pada kualitas realisasi APBD.

Oleh karena itu, selaku Kepala Daerah Kabupaten Belitung Darmansyah berharap agar para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk segera melaksanakan APBD Tahun 2009, sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah ditetapkan.

Harapan ini sejalan dengan hasil rapat koordinasi tanggal 5 januari yang lalu, bahwa seluruh aparatur pemrintah harus speed up, atau berjalan cepat. “APBD harus segera digerakkan agar dapat secepat mungkin mendorong roda perekonomian daerah,”tegas Darmansyah.

Turut hadir dalam acara ini antara lain: Asisten I Bidang Pemerintahan Ir. Hermanto, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Nuhadi S.Ipem, Asisten III Bidang Administrasi Drs.H. Jasagung Hariyadi, M.Si, para Kepala Dinas/Lembaga/Badan/Kantor/Bagian di Lingkungan Pemkab Belitung, para Camat dan Kades, serta Kepala Sekolah SMP/SLTA se Kabupaten Belitung. (Zakina)

Iklan