Tanjungpandan (WP), Untuk membangun Belitung ke arah yang lebih baik, maka hal utama yang harus segera dibenahi adalah peningkatan pelayanan publik yang prima. Karena itu, para PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung haruslah meningkatkan kompetensi dirinya. Hal ini dapat dilakukan, salah satunya melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) struktural dan fungsional seperti yang selama ini telah dilakukan oleh Pemerintah melalui Kantor Diklat Kabupaten Belitung. Penyataan ini secara tegas disampaikan oleh Kepala Kantor Diklat Kabupaten Belitung, Mirang Uganda, SH saat bertemu Warta Praja di Ruang Humas Setda Kabupaten Belitung, Rabu 8 Januari 2009 pukul 11.00 WIB.

Menurut Mirang Uganda, SH., terwujudnya masyarakat Kabupaten Belitung yang mandiri, maju, sejahtera, berdaya saing, dan bermartabat melalui pengembangan ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan potensi daerah yang berpihak pada kerangka pembangunan sektoral, regional, dan global, sebagaimana visi Kabupaten Belitung dibawah kepemimpinan Ir. H. Darmansyah Husein dan Sahani Saleh, BA., selaku Bupati dan Wakil Bupati Belitung, dapat terwujud dengan terlebih dahulu melakukan pembenahan birokrasi ke dalam. Utamanya, dengan meningkatkan kompetensi PNS, menyatukan komitmen dan persepsi tentang pelaksanaan tugas serta disiplin dalam penataan waktu dan kinerja. “Semua tujuan ini, telah terangkum dan menjadi fokus esensial dari penyelenggaraan berbagai Diklat di Lingkungan Pemkab Belitung,”tegas Mirang Uganda.

Dikatakan Mirang lebih lanjut, “Kedepan, Kantor Diklat Kabupaten Belitung dibawah kepemimpinan akan terus melakukan berbagai pendidikan dan pelatihan bagi para PNS”. Bentuk Diklat yang akan dilaksanakan pada tahun 2009 ini, antara lain: Diklat struktural seperti LPJ/Prajabatan Golongan II dan III, Diklat PIM IV dan III, dan Diklat Fungsional yaitu Diklat-Diklat yang menyangkut tehnis pelaksanaan tugas misalnya Diklat Manajemen Pelayanan, Diklat Manajemen Pengendalian Kegiatan, dan Bintek Pengadaan Barang dan Jasa beserta ujian sertifikasi.

Dalam waktu dekat, tepatnya pada triwulan kedua tahun 2009 Kantor Diklat Kabupaten Belitung akan melaksanakan Prajabatan PNS tahun 2007 untuk golongan II dan III, sebanyak dua angkatan. Masing-masing angkatan berjumlah 40 orang peserta. Direncanakan, para widyaiswara yang akan memberi materi pada pelaksanaan diklat berasal dari para pejabat di lingkungan Pemkab Belitung dan sepertiganya lagi berasal dari pusat, utamanya untuk materi-materi yang bersifat khusus.

Selama setahun menjabat sebagai Kepala Kantor Diklat, Mirang Uganda menilai tidak ada kendala berarti selama pelaksanaan diklat tersebut. Akan tetapi, untuk kenyamanan proses belajar mengajar selama Diklat berlangsung, hendaknya para peserta Diklat dapat menempati ruangan yang kondusif. “Tersedianya sarana dan prasarana belajar harus menjadi perhatian kita bersama, hal ini penting demi terwujudnya sasaran yang ingin kita capai,” ujar Mirang Uganda di akhir wawancaranya. Turut mendampingi dalam wawancara ini, Suharyanto, SAP selaku Kabag Humas Setda Kabupaten Beitung. (Zakina)