Tanjungpandan (WP), Pada penerimaan CPNS Kabupaten Belitung Tahun 2008 sebanyak 42 orang dari formasi tenaga guru, tehnis dan kesehatan tidak terpenuhi. Formasi tenaga guru yang tidak terpenuhi ini meliputi: Guru Olahraga SD, total formasi yang dibutuhkan sebanyak 20 orang, sedangkan jumlah pelamar hanya 1 orang; Guru Kelas SD formasi yang dibutuhkan 33 orang, jumlah pelamar 25 orang; Guru Kesenian 6 Orang, Guru Matematika 2 orang; dan Guru Penjaskes SMP. Selain itu, formasi CPNS juga tidak terpenuhi pada sektor tenaga tehnis dan tenaga kesehatan, antara lain: Tenaga Tehnis D3 LLAJ 1 orang; D3 Tehnik Lingkungan 1 orang, dan D3 Elektromedik 1 orang. Data tentang formasi CPNS Belitung tahun 2008 yang tidak terpenuhi ini disampaikan langsung oleh Dulhadi S.Sos selaku Kasubbag. Umum Bagian Kepegawaian Setda Kabupaten Belitung, bertempat di ruang kerjanya, Rabu, 8 Januari 2009 sekitar pukul 10.00 WIB.

Diterangkan lebih lanjut oleh Dulhadi, S.Sos bahwa pada tahun 2008 ini, Kabupaten Belitung seyogyanya menerima 244 orang CPNS, yang terdiri dari: tenaga guru 122 orang, tehnis 48 orang dan kesehatan 74 orang. Total pendaftar CPNS Kabupaten Belitung 2008 mencapai 756 orang, namun sampai dengan hari pelaksanaan testing CPNS, jumlah pesertanya hanya 713 orang. Selisih antara pendaftar dan peserta tes CPNS ini, kemungkinan besar disebabkan oleh pendaftaran ganda di tempat lain, sehingga pada saat tes serentak dilakukan para pedaftar harus memilih salah satu daerah atau formasi yang diikuti.

Walaupun 17% dari formasi CPNS Kabupaten Belitung tahun 2008 tidak terpenuhi, namun Dulhadi menilai, “Penerimaan CPNS Belitung tahun 2008 tidak mengalami kendala yang berarti”. Artinya semua proses berjalan dengan lancar dan terkendali, tanpa diwarnai banyak masalah atau konflik. Kalaupun ada masalah, biasanya panitia penyelenggara penerimaan CPNS, dalam hal ini Bagian Kepegawaian Setda Kabupaten Belitung akan bertindak langsung dengan cara melakukan dialog komunikatif dengan mengemukakan alasan logis dan argumentatif terhadap hal-hal yang disampaikan oleh pihak pelamar ataupun masyarakat luas.

Namun demikian, Dulhadi pada kesempatan ini turut menyayangkan karena pada formasi CPNS Kabupaten Belitung 2008, pihak pemerintah Kabupaten Belitung tidak dapat merangkul semua alumni yang memiliki ijazah D3 dan S1 dari segala disiplin ilmu karena formasi telah ditentukan langsung oleh Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara (Menpan), meskipun sebelumnya melalui input dari pemerintah daerah sendiri. “Jadi, formasi ditetapkan oleh pusat berdasarkan kebutuhan yang ada di daerah masing-masing, termasuk formasi untuk Kabupaten Belitung”, jelas Dulhadi.

Dengan telah dilalui proses seleksi CPNS Kabupaten Belitung tahun 2008, atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung, Dulhadi berharap agar para CPNS yang telah diterima dapat bekerja sesuai dengan ilmu yang dimiliki, serta dapat mengembangkan ilmunya bagi kemajuan Pemerintah Kabupaten Belitung di masa yang akan datang. Selain itu, diharapkan juga dapat membantu pelaksanaan pemerintahan yang baik melalui peningkatan pelayanan prima bagi kepentingan publik.

Diakhir penjelasan persnya, Dulhadi mengharapkan agar para CPNS yang telah diterima dapat menyerahkan berkas ke Bagian Kepegawaian Setda Kabupaten Belitung, mulai tanggal 7 hingga 16 Januari 2009. Berkas kelengkapan yang harus dikumpulkan tersebut, diantaranya: Surat Lamaran; Fotocopy ijazah SD hingga pendidikan terakhir yang telah dilegalisir; Daftar Riwayat Hidup; Surat Kelakuan Baik dari Kepolisian; Surat Kesehatan; Kartu Kuning; photo 3×4 sebanyak 5 lembar, serta Surat pernyataan tidak menjadi anggota partai. (Zakina)