Tanjungpandan (WP) Bupati dan Wakil Bupati Belitung Terpilih periode 2008-2013, Ir. H. Darmansyah Husein dan Sahani Saleh, BA (pasangan Dahsa-TT) mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belitung atas terselenggaranya Pemkada yang aman, tertib, dan sarat dengan nuansa demokratis hingga detik-detik pelatikannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belitung. Ke depan, pasangan terpilih ini berharap agar bentuk dukungan seperti ini senantiasa dijaga dan ditingkatkan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2009 yang sebentar lagi akan digelar.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Ir. Hermanto selaku Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Belitung kepada Warta Praja, didampingi oleh Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung, Suharyanto S.AP., Rabu 7 Januari 2009 pukul 10.00, bertempat di Ruang Humas Setda Kabupaten Belitung.

Menurut Hermanto, kedewasaan politik yang ditunjukkan oleh seluruh komponen masyarakat Belitung pada Pemkada 23 Oktober 2008 yang lalu, hendaknya dibarengi pula dengan semangat untuk berkarya dan membangun Belitung ke arah yang lebih baik, bersama sama dengan pemerintah dan pihak swasta lainnya.

“Masyarakat Belitung adalah orang yang cerdas dan rasional”, ujar Hermanto. Hal ini terbukti dari beragam dukungan terhadap segala kebijakan pemerintah Belitung yang selama ini telah dilakukan. Salah satunya adalah dukungan warga Jalan Sriwijaya yang masuk dalam wilayah Desa Paal Satu Tanjungpandan terhadap pelebaran Jalan Sriwijaya. Proyek pengerjaan pelebaran jalan dan pemindahan pemakaman Setya Mulya berjalan cukup lancar dan tidak disertai aksi anarkis seperti yang sering terjadi di daerah lain.

Untuk itu, atas nama pemerintah Kabupaten Belitung, Hermanto mengucapkan Terima Kasih atas segala dukungan yang telah diberikan. Secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung dirinya berharap agar dukungan positif seperti ini terus ditingkatkan dan dapat ditiru oleh warga masyarakat lainnya, sehingga Belitung dapat terus membangun daerahnya untuk mengejar segala ketertinggalan.

Hermanto menambahkan bahwa tidaklah mudah menciptakan suasana kondusif bagi kelancaran suatu kebijakan pemerintah, jika tidak didukung oleh sikap dewasa dan pikiran yang rasional seluruh komponen masyarakat. Setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah tentunya selalu dilandasi oleh kepentingan publik dan semangat untuk membangun, jadi tidak akan pernah menyengsarakan rakyat. Sebagai warga negara yang baik, hendaknya setiap kebijakan yang positif haruslah diberi dukungan. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan bila pemerintah mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat atas suasana kondusif selama ini tercipta, ujar Hermanto mengakhiri dialog dengan Warta Praja. (Zakina).