Tanjungpandan (WP), Permaisuri Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dalam waktu dekat ini, tepatnya tanggal 11 Januari 2009 akan berkunjung ke sejumlah tempat pembuatan film Laskar Pelangi di Kabupaten Belitung Timur, dan berbagai tempat wisata pantai di Kabupaten Belitung. Kabar lawatan permaisuri orang nomor satu di kesultanan Yogyakarta ini disampaikan secara langsung oleh Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung, Suharyanto S.AP., seusai rapat dengan Bupati Ir. H. Darmansyah Husein dan Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh BA., beserta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Dra Hotmaria Ida, bertempat di Ruang Kerja Bupati, Rabu, 7 Januari 2009.

Keindahan panorama alam dan pantai berpasir putih dengan laguna batu granit yang indah membingkai Pulau Belitung sebagaimana yang ditampilkan dalam Film Laskar Pelangi besutan sutradara Riri Reza, dan produser Mira Lesmana yang diangkat dari novel karya putra daerah Belitung Andrea Hirata Seman, telah membuat hati Gusti Kanjeng Ratu Hemas jatuh cinta kepada Pulau Belitung. “Untuk menyaksikan secara dekat keindahan alam tersebut, maka Gusti Kanjeng Ratu Hemas segera akan mendatangi setiap tempat terindah di Pulau Timah-Negeri Laskar Pelangi, Belitong, “tutur Suharyanto, S.AP.

Lebih lanjut Suharyanto menegaskan bahwa kunjungan Kanjeng Ratu Hemas untuk pertama kalinya ke Belitung memiliki arti penting bagi kebangkitan pariwisata Belitung, untuk itu dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk menunjukkan sopan santun yang halus khas budaya orang Melayu Belitung. Popularitas Novel dan Film Laskar Pelangi dirasakan dampak positifnya terhadap kebangkitan pariwisata Belitung. Kesuksesan ini, hendaknya dibarengi pula dengan dukungan seluruh masyarakat untuk menciptakan suasana kondusif sebagaimana motto Kabupaten Belitung BERTUAH – Bersih, Elok, Ramah, Tertib, Ulet, dan Aman yang menjadi harapan kita semua.

Direncanakan, tanggal 11 Januari 2009 Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, setibanya di Bandara Hananjoedin-Tanjungpandan akan disambut oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein. Selanjutnya, Gusti Kanjeng Ratu Hemas akan langsung bertolak ke sejumlah tempat pembuatan Film Laskar Pelangi di Belitung Timur. Keesokan harinya, tanggal 12 Januari 2009, Gusti Kanjeng Ratu Hemas didampingi Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein akan mengunjungi Wisata Pantai Tanjung Tinggi dan diakhiri dengan jamuan makan siang di Bukit Berahu- Kecamatan Sijuk”, jelas Suharyanto S.AP mengakhiri jumpa persnya. (Zakina)