dscn8690Tanjungpandan (WP), Kesederhanaan tampil di panggung dan kecanggungan Sahani Saleh, BA saat glasdik resik (29/12) yang akan dilantik menjadi Wakil Bupati Belitung sudah tampak lagi. Mengiringi langkah Ir.Darmansyah Husein, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2008-2013 memasuki ruang Gedung Serba Guna. Setelah melewati proses Pemilu Bupati Belitung Periode 2008-2013 menteri Dalam Negeri menetapkan Ir Darmansyah Husein sebagai Bupati Belitung periode 2008-2013 dan menetapkan Sahani Saleh, BA sebagai Wakil Bupati Belitung terhitung sejak tanggal pelantikan, 30 Desember 2008.

Atas nama Menteri Dalam Negeri, Ir.Eko Maulana mengambil Sumpah Bupati dan Wakil Bupati Terpilih periode 2008-2013.Tampak hadir, Dr Yusron Ihza LLM, Fajar Fairi,SH, Sahar Hasan Sekjen Partai Bulan Bintang, anggota DPRD Kabupaten Belitung, unsur Muspida dan sejumlah undangan yang memadati Ruang Serbaguna Setda Kabupaten Belitung.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ir.Eko Maulana, menegaskan tugas kepala daerah dan wakilnya nantinya penuh dinamika, tentunya tidak mudah menghadapi masalah yang kompleks dan silih berganti.Kita berharap kedepan kita akan menjadi bangsa yang beruntung.

Gubernur menjelaskan beberapa indikator keberhasilan pembangunan tercermin dari penurunan angka kemiskinan. Berdasarkan dari data BPS, pada tahun 2006 angka kemiskinan Indonesia sebesar 17.75 % dan menurun pada tahun 2007 menjadi 16,58. Sedangkan di Propinsi Bangka Belitung pada tahun 2006 sebesar 10,9 % dan turun cukup signifikan menjadi 9.54%.

Sementara Kabupaten Belitung pada tahun 2006 angka kemiskinan sebesar 12,15 % menurun menjadi 11,15% tahun 2007. Upaya pengentasan kemiskinan dilakukan melalui program PNPM Mandiri, pemberian kredit, KUR dan BLT. Segala upaya ini tentunya membutuhkan upaya bersinergi dengan semua pihak.

Dalam kesempatan ini Gubernur juga mengemukan upaya pemerintah provinsi untuk mendukung perekonomian rakyat dengan munculnya Lembaga Penjamin Kredit UKM yang terlaksana atas kerja pemerintah provinsi dengan Bank Indonesia dan bank-bank lain yang ada di Bangka Belitung. Untuk menghadapi krisis global, hendaknya dapat dihadapi secara bersama-bersama apalagi komoditas ekspor saat ini mengalami penurunan
Mengutip pidato presiden saat Larasita (Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah) baru-baru Presiden menekankan untuk :
1. Meneruskan program pengentasan kemiskinan
2. Meneruskan program penciptaan lapangan kerja
3. Meneruskan program penyebaran dan peningkatan akses pendidikan
4. Meneruskan program peningkatan pelayanan kesehatan
5. Meneruskan pembangunan infrastruktur untuk mendukung iklim usaha yang kondusif.
6. Mendorong terwujudnya good governance dan meminimalisasi tindak KKN
7. Meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Banyak upaya yang harus dilakukan, pemerintah antara lain dengan memprioritaskan pelayanan dasar di bidang kesehatan sehingga masyarakat lebih terfokus upaya meningkatkan pendapatan. Program pariwisata Babel Archipelago 2010 perlu terus didukung. Untuk itu tahun depan (2009) kita perlu melakukan pembenahan secara intensif baik pembangunann infrastruktur, peningkatan objek wisata maupun menyusun agenda wisata. Sehingga akan berdampak terhadap penciptaan lapangan kerja dan lapangan usaha.

“Bahkan dengan meledaknya novel dan film Laskar pelangi upaya membangun sektor pariwisata program kepariwisataan lebih cepat berkumandang bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga dunia “ ujar Gubernur. Semoga dengan bersama kita bisa, dan bisa terus bersatu mewujudkan Babelku Bergema, Bersama, Bersatu, Bergerak Maju

Atas suksesnya penyelenggaran pemkada ini Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua KPUD Kabupaten Belitung. Rapat Paripurna Istimewa VI Masa Persidangan tahun sidang 2008 dengan agenda Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Periode 2008-2013 Ir.Darmansyah Husein dan Sahani Saleh, BA resmi ditutup oleh Ketua DPRD pada pukul 10:40 wib oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung Drs.Suhardi (fithrorozi)