lesung-batang-rijstoogsfeestTanjungpandan (WP), “La lamak kamek dak ngeliat kesenian Belitong, kitu la baik e” ujar seorang warga menyambut baik Pelaksanaan Pagelaran Seni Daerah yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Sijuk. Tabuhan gendang, piul dan lenggak lenggok penari ditampilkan pada hari Sabtu 27 Desember yang berlangsung dari pukul 19:30 hingga menjelang tengah malam di Lapangan Tugu Perjuangan Aik Seruk.

Pagelaran seni ini menampilkan Sanggar Karya Seni (SKS) dari Tanjungpandan, Sanggar Serunai Desa Aik Seruk, Kecamatan Sijuk, Sanggar Pelandok Laki pimpinan Ibu Rohalbani dari Tanjungpandan, Sanggar Lagu Belitung, Sanggar SM Negeri 2 Tanjungpandan, Kesenian Gambus Desa Terong, Kecamatan Sijuk.

Camat Sijuk Drs.Ramansyah mengungkapkan rasa senangnya bisa menampilkan potensi seni dan budaya lokal khususnya dari Desa Aik Seruk. Gelar Seni Daerah ini juga semacam perjuangan untukk membangkitkan budaya daerah. Di sekitar Tugu Perjuangan ini dulu terjadi pertempuran rakyat melawan Belanda dan ketika KNPI diketui oleh Ishak Zainudin (mantan Bupati Belitung) diperjuangkan berdiri tugu peringatan perjuangan rakyat.

Ketua Pelaksana, Sanusi berharap kesenian ini dapat mendukung tumbuh kembangnya dunia kepariwisataan di Kecamatan Sijuk. Dalam kebijakan tata ruang Kabupaten Belitung, Kecamatan Sijuk yang memiliki objek wisata pantai yang cukup dikenal menjadi kawasan Wisata di ujung Utara pulau Belitung. Pada tahun 2001, saat Desa Air Seruk dipimpin oleh Djajadipura B. Sulur jumlah anggaran belanja desa sebesar Rp. 92.305.000, keterbatasan anggaran desa dalam membangun bidang pariwisata tentunya membutuhkan stimulan-stimulan baik berupa ide maupun dana yang mampu mempercepat pembangunan kawasan wisata khususnya di desa Air Seruk sehingga tidak berkutat pada konflik perebutan lahan.

Tampak hadir Bupati Belitung Periode 2003-2008, Ir,Darmansyah Husein yang didaulat sebagai tokoh masyarakat Belitung, unsur Muspika, budayawan, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya. “ Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda wisata tahunan yang perlu kita dukung dan dimaksimalkan terutama untuk mendukung agenda wisata Kabupaten Sail Indonesia 2009 dan mendukung Visit Babel Archipelago 2010 nanti “ ujar Darmansyah yang diminta memberikan sambutan.

Menurut Camat Sijuk, Drs Ramansyah, maksud pagelaran seni daerah ini, pertaa, menubuknan dan mengembangkan potensi seni daerah Belitungn dan mendukung berkembangnya khazanah Budaya menjelang Sail Indonesia 2009 nanti. Kedua, memberikan motivasi kepada generasi muda untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam dunia seni dan budaya. Pihak penyelenggara pun mengundang sanggar seni dari kecamatan lain untuk memotivasi tumbuhnya sanggar seni baru di kecamatan Sijuk yang pada malam pageralan ini menampilkan seni hadra dan gambus khas Sijuk. (Fithrorozi)