Tanjungpandan (WP), Bertempat di Ruang Sidang Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung ini, untuk mengikuti kegiatan Pembinaan dan Ekspose Program ADIPURA Kabupaten Belitung Tahun 2008-2009 yang dihadiri oleh Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Regional Sumatera beserta Stafdalam rangka memberikan Pembinaan Program Adipura Kabupaten Belitung Tahun 2008-2009

Kabupaten Belitung sudah mengikuti Program Adipura sejak tahun 2003-2004, ketika program ini masih bernama Program Bangun Praja. Selama itu Kota Tanjungpandan sudah 2 (dua) kali mendapatkan Piala Adipura, masing-masing pada tahun 2004-2005 dan 2006-2007.
Tahun 2007-2008 dengan berat hati Piala Adipura harus kita lepaskan. Ini disebabkan karena terjadinya penurunan angka penilaian di 9 (sembilan) Lokasi Titik Pantau, mulai dari Jalan, Pasar, Pertokoan, Perkantoran, Rumah Sakit, Puskesmas, Taman Kota, Pelabuhan Penumpang, Perairan Terbuka, dan Pemanfaatan Sampah.

Ini berarti, penurunan terjadi justru di area publik, yang memerlukan tingkat kepedulian dan partisipasi masyarakat yang tinggi. Dengan kata lain, kepedulian dan partisipasi masyarakat di daerah ini pada Program Adipura masih harus kita tingkatkan. Kita belum tahu hasil Pemantauan Tahap I Program Adipura 2008-2009, karena baru akan diekspose pada kesempatan ini. Namun, pengalaman tahun kemaren mengajarkan kepada kita, salah satu PR mendesak yang harus kita kerjakan adalah meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat seoptimal mungkin. Demikian diungkapkan Penjabat Bupati Belitung dalam sambutannya melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Ir.Hermanto di Ruang Sidang Setda, Kamis 18 Desember 2008/ .

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengajak kita sekalian untuk mencermati dengan sungguh-sungguh ekspose hasil Pemantauan Tahap I Program Adipura 2008-2009, untuk ditindak lanjuti dengan upaya-upaya nyata dengan melibatkan seluas mungkin partisipasi masyarakat.

Selanjutnya, setelah ekspose dan pembinaan ini, saya minta Kepada Tim Terpadu dan Penanggung Jawab Titik Pantau agar segera melakukan konsolidasi dan persiapan untuk menghadapi Pemantauan Tahap II pada bulan Februari 2009 mendatang. Salah satu upaya yang harus kita lakukan untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat adalah mengajak masyarakat secara rutin melakukan gotong royong melalui kegiatan Jumat Bersih. (Syafei)