Tanjungpandan (WP) Pentas kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten usai sudah digelar pada tanggal 23 Oktober yang lalu. Menindaklanjuti proses demokrasi yang telah dilaksanakan ini, KPU menyerahkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Belitung mengenai penetapan pasangan calon terpilih Pemkada Kabupaten Belitung 2008 kepada KPU Pusat dan juga ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri).


Penyerahan Surat Keputusan (SK) ini, dilakukan pada tanggal 7 Nopember 2008, setelah sebelumnya KPU Belitung terlebih dahulu menetapkan SK pasangan calon terpilih yang telah diserahkan ke DPRD Kabupaten Belitung tanggal 1 Nopember 2008.


Hasil penetapan pemenang Pemkada Belitung sempat diwarnai dengan aksi demo dan protes, di depan Kantor KPU beberapa waktu yang lalu. Namun demikian, keberatan mengenai hasil Pemkada tersebut, tidak akan mempengaruhi proses pengesahan dan pengakatan itu sendiri, tegas Ketua KPU Belitung I Nyoman Tastra.

KPU akan berkoordinasi dengan pihak Pemda dan DPRD kabupaten Belitung  tentang usulan pengesahan dan pengangkatan  pasangan Bupati dan Wakil Bupati Belitung yang akan dilakukan oleh Mendagri atas nama Presiden. Rapat koordinasi itu kemungkinan selambat-lambatnya 30 hari setelah ada usulan itu


Namun, Nyoman belum dapat memberi kepastian mengenai kapan jadwal pelaksanaan pengesahan dan pengangkatan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Belitung terpilih hasil Pemkada Kabupaten Belitung 2008 itu.
“Mengenai adanya keberatan hasil pemkada, itu tidak akan mempengaruhi proses pengesahan dan pengangkatan itu,” jelas Nyoman disinggung soal keberatan yang diajukan peserta pemkada lainnya beberapa waktu lalu.
Ia menambahkan KPU Kabupaten Belitung saat ini sedang melakukan evaluasi dan persiapan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan pemkada lalu.

“Dalam waktu dekat kita akan ke pengadilan. Ini untuk mengajukan permohonan surat keterangan bahwa tidak ada pengajuan keberatan dari peserta calon lain terhadap hasil pemilihan ke Mahkamah Agung. Surat keterangan ini untuk persyaratan kelengkapan dokumen pasangan calon terpilih,” kata Nyoman sebagaiman dikutip dari Harian Belitung Pos (Zakina )