Sijuk (WP),  Pengembangan pariwisata sangat terkait dengan upaya membangun pencitraan (wilayah) sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Allah SWT telah memberikan barakoh melalui film Laskar Pelangi sehingga Bangka Belitung dikenal di tingkat nasional bahkan dunia. Pencitraan tentunya membutuhkan upaya dan waktu yang panjang. Karena itu selama dua tahun kedepan (2008-2010) kita berupaya membangunan infrastruktur dan sumberdaya manusia agar pencitraan wisata kita dikenal dunia. Terimakasih  kepada Bapak Menteri Perhubungan (Ir. Jusman Safii Djamal) yang telah memberikan dukungan dalam peningkatan pembangunan pelabuhan udara Hanandjudin Tanjungpandan dan membantu pembangunan infrakstruktur darat dan laut lainnya yang kami butuhkan  ungkap Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Ir.H. Eko Maulana menjelaskan alasan penetapan tahun 2010 dalam sambutannya.

 

Seperti tahun sebelumnya Sail Indonesia 2008, kembali menggelar Lomba Renang Selat Gaspar  yang diikuti 13 anggota marinir dari Satuan Yonif-7, 12 anggota marinir dari Satuan Yonif-8, 15 anggota marinir dari Satuan Yonif-9,   10 anggota marinir dari Yontaifib-2 dan 8 anggota Polairud Kepulauan Bangka Belitung sejauh 3,5 mill dari titik koordinat 02° 30’  26,5 ’’ LS – 107 °42’ 42,6 ’’ BT hingga finish di titik koordinat 02° 33’ 32,7’’ LS – 106° 40’ 08,0 ‘’ BT

 

Dari sepuluh peserta terbaik dari Korps Jalesu Bhumyamca Jayamahe ini, tiga mendapatkan hadiah uang tunai yakni   Pratu Marinir  Budi S dari Satuan Yontaifib-2 (Pemenang I),  Serda Marinir Samsidi dari Satuan Yontaifib-2 (Pemenang  II) dan Prada Marinir  Doni dari Satuan Yonif-7 (Pemenang  III). Menteri Perhubungan RI Ir. Jusman Safii Djamal, Gubernur Provinsi Bangka Belitung Ir.H.Eko Maulana Ali dan Bupati Belitung Haryono Moelyo,SE,MA, Dirjen Pemasaran Dephubpar RI Dr.Sapta Nirwandar tampak memberikan penghargaan kepada pemenang dari sepuluh peserta Lomba Renang Selat Gaspar

 

Perairan Bangka Belitung sejak lama menjadi lintasan pelayaran internasional, banyak kerangka kapal yang ditemui di dasar perairan Bangka Belitung. Hal ini menunjukkan wilayah ini sangat strategis bagi pelayaran internasional. Menurut informasi yang saya terima kurang lebih 76 kapal dari 22 negara yang ikut serta dalam Sail Indonesia 2008 ini. Saya berharap Pemkab/Pemprov dapat bersinergi dengan pemangku kepentingan lain sehingga bisa memanfaatkan event internasional ini. “ Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta Sail Indonesia 2008 dan berharap dapat menikmati (keberagaman) budaya dan (keindahan) alam Indonesia serta Selamat atas penyelenggara Sail Indonesia 2008 ini” ungkap Menteri Perhubungan RI  dalam sambutannya.

 

Dengan mengucapkan Bismillahhirrohmanirrohim Soft Launching Babel Archipelago pun diresmikan oleh Presiden RI yang diwakili Menteri Perhubungan RI, Ir. Jusman Safii Djamal di pantai Wisata Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung.

 

Marching Band Bina Praja Pemkab Belitung dan sanggar tari SMAN 2 Tanjungpandan turut memeriahkan Soft Launching Babel Archi 2010 yang diresmikan Presiden RI melalui Menteri Perhubungan RI, Ir. Jusman Safii Djamal. Launching Babel Archi 2010 dan pelaksanaan Sail Indonesia 2008 ini  juga dihadiri Ketua Umum Sail Indonesia 2008 Kabupaten Belitung, Drs.H.Jasagung Hariyadi, Ketua DPRD Babel, Dandim 0414 Belitung Lektol Jangkung Widyatmoko, Danlanud Tanjungpandan Letkol Pnb Hadezul, Kepala Bappeda Provinsi Ir.Nazalyus, Kadin Perikanan dan Keluatan Provinsi, Dirjen Destinasi Dephubpar RI yang diwakili Drs.Achyarudin. Kadin Pariwisata Babel Yan Megawandi, Kadin Pariwisata Belitung Dra.Hotmaria Ida, Camat Sijuk Drs.Rahmansyah dan unsur masyarakat. Tampak hadir bersama pejabat pusat dan daerah Putri Pariwisata  Babel 2008

 

Kepada Wartapraja,  Kadin Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Bangka Ahmad Rizal  usai menerangkan potensi wisata di Bangka kepada dua peserta Sail 2008 mengungkapkan bahwa event ini  penting untuk mempromosikan potensi wisata daerah. Jika Belitung memiliki Laskar Pelangi, kita juga memiliki Pantai Parai sebagai pencitraan wisata Bangka. Banyak wisatawan asing yang datang kesini mempertanyakan bagaimana caranya untuk sampai ke tempat yang menarik itu. Untuk itu kami memiliki media promosi dalam bentuk peta dan informasi dwi bahasa, dan tahun depan akan dibuat informasi berbahasa mandarin” jelas Ahmad Rizal

 

Hal yang sama juga diungkapkan Mula Samosir saat melayani beberapa peserta Sail Indonesia di stand Dinas Perindagkop Kabupaten Belitung” It’s nice, not too sweet “ kata  peserta Sail Indonesia 2008 asal  Kanada mengomentari dodol buatan pelaku usaha kerajinan makanan masyarakat ini. Produk sambal lingkong yang terbuat dari ikan sempat menarik perhatian pasangan suami istri ini “ everything is export product  of Belitung, isn’t ” ujarnya .

 

Sekitar 39 stand yang kebanyakan menjual berbagai makanan dan pakaian dikoordinir Dinas Perindangkap Kabupaten Belitung selain stand pemkab dan pemprov di lingkungan wilayah provinsi Bangka Belitung dan stand dari perusahaan telekomunikasi dan perbankan yang bertambah dibandingkan . Sementara kios solar milik pengusaha minyak asal Tanjungpandan dadakan yang ditempatkan diluar areal utama Sail Indonesia “ it’s seven thousand, Mister ”, ucap penjaga kios  melatih lidahnya agar warga asing bisa tahu harga solar per liter.

 

Sementara Kantor Kecamatan Sijuk menampilkan upacara tradisional Muang Jong dan juga dimerihakan dengan penampilan artis KDI asal Babel Mega-KDI (Bangka) dan Moel-KDI (Belitung) (fithrorozi)