Tanjungpandan (WP),   Pemerintah melarang peredaran susu dari China di seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini demi menjaga keamanan pangan setelah merebaknya kasus susu mengandung melamin yang menyebabkan ribuan anak di China  meninggal dunia. (Kompas, 24/9)

 

Sejauh ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak menemukan susu formula (susu untuk bayi ) di Indonesia yang diimpor dari China.  Seperti yang diberitakan Kompas (Rabu,24/9). Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari membenarkan adanya produk susu untuk orang dewasa dari China yang beredar di Indonesia. Susu asal China itu adalah susu bubuk full cream merek Guozhen dengan nomor pendaftaran ML 805309001478. Izin edar susu full cream itu diberikan setahun yang lalu.

 

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Thomas Darmawan mengharapkan konsumen tidak panik, apalagi enggan mengonsumsi susu dan produk olahan, karena khawatir mengandung susu terkominasi yang diimpor dari China. Sebab hampir semua pengusaha yang memproduksi makanan atau minuman olahan susu tidak mengimpor bahan bakunya dari China.  Produk susu di Indonesia umumnya dimpor dari Australia, Selandia Baru, Kanada dan Argentina.

 

Sementara Sekda Kabupaten Belitung Ir.Mulgani didampingi Kadin Perindagkop MZ.Hendra Caya,MSi meninjau sejumlah produk di beberapa toko dan pusat perbelanjaan selasa, (24/9). Tim pengawasan barang dan atau jasa yang beredar di pasar Tanjungpandan meminta para pedagang segera mengembalikan produk yang dijualnya ke agen pemasok apabila menemukan barang tanpa mencantumkan tanggal kadaluwarsa, kode ML untuk barang produk luar negeri, kode dari BPOM RI, serta identitas perusahaan yang memproduksi barang. Dalam sidak tersebut ditemukan beberapa produk tidak mencantum dengan jelas tanggal kadaluwarsa, kode BPOM, identitas produk luar negeri (kode ML)  sebagaimana yang diinformasikan oleh Harian Pos Belitung (24/9) (fithrorozi).

 

Produk-produk yang diminta BPOM ditarik dari Peredaran

 

No

Komoditas

1

Susu Fermentasi rasa jeruk Jinwel Yougo

2

Aneka rasa buah Jinwel Yougo

3

Jinwel Yougo tanpa rasa

4

Susu bubuk “full cream” Guozen

5

Es krim Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa coklat

6

Es krim Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa vanilla

7

Wafer batang Oreo

8

Kue Oreo Coklat jenis sandwich

9

Minyak Goren SaniaKembang gula coklat susu M&M’s

10

Coklat susu M&M’s

11

Buskuit-nougat lapis coklat Snickers

12

Kembang gula coklat Dove Choc

13

Es batangn ras yogourt Natural Choice

14

Es batangan kacang merah Yili Bean Club

15

Yill Prestie Chocliz

16

Es Batangan Yili Chestnut

17

Susu murni UHT Nestle Dairy Farm

18

Susu rendah lemak Yuli High Calcium

19

Susu berkalsium tinggi Yili High Calcium

20

Susu Murni Yili 205 ml

21

Susu Murni Yili 1 L

22

Susu rasa stroberi Dutch Lady

23

Permen krim White Rabbit

24

Yogourt beku Wili Choice Dairy

                 Sumber : BPOM (kompas.24/9)