Tanjungpandan (WP) Bagi Ali (25) pemuda asal Indramayu yang mengaku sempat tinggal di Pulau Gersik, mudik bukan membuat dirinya nekat membeli tiket, tetapi justru telah membuatnya bersilaturahmi dibalik jeruji besi karena nekat mencuri sepeda motor di Pelabuhan Perikanan Tanjungpandan (20/9). Tersangka pelaku curanmor bukan tidak mungkin bisa kehilangan nyawa jika saja masih nekat. Namun  setelah dilumpuhkan dengan tembakan, Ali tidak berkutik. Suara tembakan itu mengagetkan warga disekitar tempat kejadian.  Tindakan polisi ini dilatarbelakangi laporan kehilangan sepeda motor Honda Kharisma milik Taufik warga Tanjungpandan ke Polres Belitung, Sabtu Sore (20/9). Setelah melacak dan membatasi ruang gerak tersangka. Ali yang ingin mudik ke kampong halaman pun  melintasi Pusat Perbelanjaan (Barata Dept Store).

 

Sesulit itukah kehidupan dirantau (Belitung) hingga Ali mempersiapkan “ hari kemenangan” dengan tindakan kriminal sementara Ipat asal Tegal (Jateng) bekerja keras mempersiapkan bekal mudik.  Sebaliknya pengusaha kerajinan meubel asal Jepara menolak pesanan yang semakin meningkat menjelang H-9  Hari Raya. Thaib beserta 10 pengrajin asal Jepara memutuskan untuk mudik ke Jawa menggunakan pesawat udara pada (H-9) dengan harga Rp.275 – Rp.350 ribu. Sehingga untuk transportasi tenaga pengrajin  saja Thaib mengeluarkan biaya Rp. 3.5 juta 

 

Pemkab Belitung melalui Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Drs Syafrani Syamsudin AK MM Jumat (12/9) menegaskan tidak akan memberikan THR  kepada 3.400 PNS Pemkab Belitung  sebagaimana dipublikasikan  Harian Pos Belitung. Sebaliknya 13 wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Media Nasional (Forwamenas) mengajukan  “partisipasi” untu THR ke Kepala Daerah. Menurut catatan Bagian Humas Setda Kabupaten Belitung setidaknya ada 50 wartawan yang menjalankan profesi jurnalistik dari perusahaan yang berbeda

 

Wartawan ataupun bidang profesi lain yang bekerja di perusahaan berbadan hukum  berhak menerima THR. Penetapan besaran THR menurut perjanjian kerja (PK), peraturan perusahaan (PP) atau perjanjian kerja bersama (PKB), atau kebiasaan yang telah dilakukan lebih besar dari THR, maka pembayaran THR yang diberikan selambat-lambatnya 7 hari sebelum Hari Raya  sebagaimana termuat dalam Surat Edaran (SE) Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Nomor 568/931/D/DSTKT/IX/2008 tanggal 9 September 2008 tentang pembayaran tunjangan hari raya keagamaan bagi pekerja kepada.

 

 

Banyak masyarakat sudah jauh-jauh hari memesan kue-kue lebaran, mengikuti berbagai arisan agar beban Hari Raya menjadi ringan seperti yang dilakukan Murtini (31). Hidup perjuangan, disaat orang sibuk menyambut Hari Raya, Tuhan berkata lain, Murtini yang sempat dirawat di ICU akhirnya dijemput Ajal, tak sempat wanita yang baru melahirkan anak keduanya itu mengambil pesanan kue lebaran. Sebelum meninggal tensi darahnya naik begitu mendengar akan dirawat intensif di ruang gawat darurat. Innalillahi wa innailaihi rojiun- kepada sang pencipta semua berpulang. Keluarga merasakan kesedian akan  silaturahmi makhluknya kepada Sang Pencipta.

 

Silaturahmi sembari bermaaf–maafan menjadi “trademark” masyarakat muslim Indonesia. Islam sendiri memberi makna Idul Fitri sebagai hari kebesaran bagi mereka yang telah berjuang melawan hawa nafsu. Namun banyak orang melupakan makna yang tersirat di balik Hari Raya Idul Fitri. Tukang kayu, pekerja TI menambah target kerja yang tak jarang melalaikan ibadah puasa, karena letih  alasannya.

 

Sementara 1.263 penumpang turun dari kapal KM Leuser milik PT. Pelni yang melalui pelabuhan Tanjungpandan, Minggu Sore (21/9). Sebagian besar penumpang adalah mahasiswa. Karena KM.Leuser tidak bisa merapat, sejumlah penumpang diangkut dengan kapal nelayan sebanyak 200 penumpang sekali jalan yang didatangkan dari Tanjungpandan dan LCT Menumbar VII  sebanyak 500 penumpang sekali jalan. Diprediksi jumlah pemudik ke Belitung akan lebih besar menjelang H-3 dikarenakan  saat itu beberapa perusahaan swasta akan meliburkan karyawan dalam menyambut Hari Raya (fithrorozi)