Tanjungpandan (WP),   Daya tarik Sail Indonesia 2008 yang begitu besar yang menjadikan Pantai Tangjung Kelayang Belitung tahun 2007 sebagi tempat labuh yang bukan saja menarik perhatian masyarakat tetapi menjadi momentum penting bagi pengembangan dunia pariwisata di Provinsi Kepualauan Bangka Belitung karena.  Peristiwa wisata dunia ini rencananya akan dimanfaatkan untuk meluncurkan  Program Visit Babel Archipelago 2010 yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 15 Oktober nanti.

 

Rapat Pemantapan Pelaksanan Sail Indonesia  yang dipimpin Drs.H.Jasagung Hariyadi MSi di  Sidang Pemkab (18/9) juga di dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov.Babel, Yan Megawandi, Humas Yayasan Cinta Bahari Ir.Nirbowo,MSc, Kadin Kelautan dan Perikana Prov Babel Dr.Yulistio, Komando Armada Marinir Wilayah Barat Kolonel Siswanto serta kepala Satuan Kerja di lingkungan Pemkab Belitung. Seperti tahun sebelumnya Sail Indonesia juga akan menggelar Renang Selat Gaspar “ Renang Selat Gaspar dirangkaikan dengan kegiatan serupa yang menyeberangi Selat Madura “ ujar Siswanto.

 

Sementara Yan Megawanti seperti yang dikutip dari Harian Pos Belitung (22/9) mengemukana tidak ada daerah yang di-anaktiri-kan, semuanya sama. Masing-masing daerah silahkan mengembangkan potensi wisata daerahnya “ ujar Yan Megawandi.

 

Seperti yang dijelaskan Ketua Pelaksana I Sail Indonesia 2008, Dra.Hotmaria melalui Seksi Hiburan/Atraksi, Ismail Mihad,  pada tanggal 10 Oktober kedatangan peserta Sail Indonesia 2008 akan disambut dengan hiburan musik dan akan dimeriahkan dengan aneka kesenian tradisional dan kegiatan lainnya diantaranya campak darat, barongsai, festival layang-layang, aneka tarian, lesung panjang, buang jong. Sejumlah sarana pendukung akan disiapkan termasuk fasilitas internet speedy dari Telkom. Pada tanggal 15 Oktober, Pemkab Belitung juga akan menggelar Gladi Dinner yang merupakan puncak acara Sail Indonesia 2008 yang dimeriahkan dengan tarian dari Sanggar Dian Tanjungpandan dan live music yang berlangsung di pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk (fithrorozi).