Tanjungpandan (WP),  Setelah melakukan Safari Ramadhan di Mesjid Al Akbar Air Gede, Kamis (11/9), rombongan Pemkab Belitung hadir di Mesjid Jamiek Fathul Qorib (13/9) Tanjungpendam. Satu-satunya mesjid jamiek di desa pantai dapat  menampung sekitar  232 jamaah. Desa  Tanjungpendam saat ini berpenduduk 5767  jiwa. Menurut Kades Sahindiadi,SJ dari jumlah tersebut sekitar 3400 berhak akan menggunakan hak pilihnya pada Pemkada 23 Oktober 2008.

 

“ Sesuai Surat Edaran Penjabat Bupati Belitung kami menghimbau kepada masyarakat terutama anak-anak untuk tidak membunyikan petasan dan bedil untuk menjaga ke-khusyuk-an ibadah bulan suci ini” kata Sahindiadi. Selain sarana pendidikan, Desa yang berjarak 500 meter dari pusat kota ini memiliki warung informasi (wartel dan warnet) satu-satunya di Kabupaten Belitung yang berasal dari bantuan Kementrian PDT. “ Mungkin desa ini lebih tepat disebut kelurahan ataupun layak dijadikan desa wisata, sayangnya potensi pantai wisata Tanjungpendam kini menjadi wilayah Kelurahan Tanjungpendam” kata Kades berharap Eksekutif dan Legislatif dapat menyikapi persoalan penataaan wilayah  Desa Tanjungpendam.

 

Dalam kesempatan ini Pemerintah Desa juga menyerahkan bantuan kepada TPA dan marbot Mesjid Jamiek Fathul Qorib. Sementar, Penjabat Bupati Belitung menyerahkan bantuan berupa Al Qur’an dan terjemahannya, Surat Yasin, beras, kaligrafi dan sajadah. Sedangkan Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Belitung menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada 7 fakir miskin dan 2 orang takmir (nuje) Mesjid Jamiek Fathul Qorib.

 

Ini merupakan pertama kalinya Pejabat Bupati Belitung Haryono Moelyo, SE,MA berkunjung ke desa yang pernah meraih Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi Babel tahun 2007. “Semoga silaturahmi ini mendapat berkah dari Allah SWT” ujar anak tentara yang akan memimpin penyelenggaraan enam tahun kedepan sejak 29 Agustus yang lalu. Dua tugas dari Mendagri adalah menyelenggarakan pemerintah dan mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Definitif. “ Selain itu kita harus taat azas termasuk melaksanakan anggaran dan pemilihan kepada daerah secara langsung yang sesuai dengan harapan kita” kata Haryono. Peristiwa yang tidak kita harapkan dan menyulitkan seperti yang terjadi di daerah lain, hendaknya tidak terjadi di Belitung yang sudah terkenal sangat kondusif dan merupakan satu-satunya daerah yang tidak pernah terjadi kerusuhan (pilkada) . Rasa aman ini secara tidak langsung hal ini akan menurunkan tingkat pengangguran, memang baru-baru ini kita tidak dapat mengkomodir keinginan formasi SMA lebih banyak dalam penerimaan pegawai karena adanya ketentuan pusat. Tetapi Pemkab akan berupaya untuk mensiati permasalahan penangguran ini dengan meningkatkan kualitas SDM terutama lulusan SMA seperti membangun sarana pendidikan dan balai latihan kerja. Demikian disampaikan Haryono Moelyo ketika memberikan pengantar pendahuluan sebelum Drs. Zainal Abinin dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Belitung menyampaikan hikmah Ramadhan 1429 H.

Rombongan Safari Ramadhan juga dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten yang diwakili Syahlevi,SA, unsur Muspida, Kepala Satuan Kerja di lingkungan Pemkab Belitung, pemuka agama, pemuka masyarakat Desa Tanjungpendam.(fithrorozi)