“Orang tidak baik yang hidup dalam sistem yang baik akan berubah menjadi orang baik, sebaliknya orang baik yang hidup dalam sistem yang buruk akan berubah menjadi orang yang tidak baik “ (Prof .Dr.Yusril Ihza Mahendra)

 

Tanjungpandan (WP). Ungkapan Prof .Dr.Yusril Ihza Mahendra diatas terpampang jelas didinding ruang depan Lapas Cerucuk. Jam sudah menunjukkan pukul 19:15, rombongan Safari Ramadhan Pemkab Belitung disambut Kalapas beserta jajarannya. Senyum adalah ibadah begitulah bentuk ibadah yang diganjar kebaikan oleh Allah SWT. Memasuki Lapas Kelas IIB ini rombongan melintasi lapangan tenis yang dikelilingi kawat. Kebanyakan jamaah adalah pria, sebagian mereka sibuk membentangkan sajadah dan karpet hingga kesisi luar mesjid. Warga binaan yang sebagian besar penghuni lapas tampak mendominasi jamaah, tanpa kedatangan puluhan tamu seperti malam ini (4/9) “ Malam ramadhan ini kami pun rutin mengikuti sholat tarawih “ kata salah satu penghuni lapas.    

 

Usai sholat tarawih yang dipimpin H.M.Jamil Zainal dan bilal H.Zakaria, Kalapas menyambut sambutan pembuka. “Semoga silaruhtami tidak sampai disini saja, kami warga binaan berharap dalam kesempatan lain kita bisa buka bersama” kata  Kalapas  Abu Zeid, RA,BC.Ip,SH,MH. Dalam kesempatan ini Penjabat Bupati Hayono Moelyo,SE,MA menyerahkan bingkisan Ramadhan kepada warga binaan LP Cerucuk yang diterima Kalapas  Abu Zeid, RA,BC.Ip,SH,MH.

 

Saat ini hunian LP Cerucuk dihuni antara 150-180 orang, tidak pernah over kapasitas, tidak pernah lebih 200 orang seperti LP di Medan. Ini menunjukkan masyarakat Belitung yang sadar hukum. Harapan kami semakin hari semakin menurun. Berbagai suku ada disini mulai dari Palembang, Makasar, Batak dan Tionghoa.  “Bahkan ketika saya pertama kali datang ada warga Tionghoa yang muslim. Jadi itulah sebabnya warna tembok lapas ini seperti pelangi.” Kata Abu Zeid.

 

Hadir dihari kedua Safari Ramadhan Pemkab Belitung antara lain Asisten I Bidang Pemerintahan Ir.Hermanto, Kepala BPN, unsur Muspida Ketua Pengadilan Agama, Drs, M.Idris Wahidin, dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Camat Badau M.Aidin Dahri Sip serta Kades Cerucuk Marwan S.

 

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Belitung berharap tugas yang diemban dalam enam bulan kedepan dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintah dengan baik dan melaksanakan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati definitif Pemkada 23 Oktober nanti. Saya mengajak seluruh masyarakat  dapat mendukung pelaksanaan pemkada dengan sebaik-baiknya termasuk warga binaan.

 

Kamis, malam (4/9) merupakan malam ke-5 bulan Ramadhan dan hari kedua pelaksanaan Safari Ramadhan. “ Semoga kita dapat memanfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai ajang pendidikan dan pelatihan bagi kita untuk jujur, taat, dan patuh terhadap larangan dan perintah Allah SWT, semoga pula kita menjadi makhluk yang bertaqwa dan tertib yang ditujukan untuk kepentingan kita bersama, tambah Penjabat Bupati yang dilanjutkan dengan ceramah hikmah Ramadhan yang disampaikan  Drs.Ibnu Haban. (fithrorozi)