Tanjungpandan (WP), Mengawali pelaksanaan tugas, Penjabat Bupati Belitung Haryono Moelyo,SE,MA memimpin rapat staf yang dihadiri Setda Kabupaten Belitung Ir.Mugani, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Drs.Arham Armuza S.Ip dan Bidang Administrasi Syarifuddin,SH, Asisten I Bidang Pemeritahan Ir.Hermanto, Asisten II  Bidang Ekonomi dan Pembangunan  Nuhadi S.Ipem dan Asisten III Bidang Administrasi Drs.H.Jasagung Haryadi Sekda, sejumlah Kepala Dinas dan Kantor di lingkungan Pemkab Belitung di Ruang Rapat Bupati Senin (1/9). Sebelumnya sekitar pukul 08:00 Penjabat Bupati melakukan sidak ke beberapa ruang di Kantor Bupati Belitung.

Berbagai permasalahan distribusi dan persediaan sejumlah barang pokok, BBM menjelang Ramadhan  hingga Lebaran nanti dibahas pada rapat yang dimulai pukul 11.30.

“ Kita ketahui bersama bahwa pasokan BBM disejumlah daerah mengalami penurunan 6 hingga 10 %, jika memperhatikan meningkatnya mobilitas masyarakat di bulan Ramadhan dan meningkatkan usaha masyarakat mempersiapkan Lebaran nanti terutama dari sektor pertambangan maka kelangkaan BBM seperti beberapa waktu yang lalu perlu diantisipasi sejak dini” ujar Haryono Moelyo.

Hasil monitoring stok sejumlah bahan baku ke agen-agen di Tanjungpandan oleh  Dinas Perindagkop dan Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Belitung dilaporkan stok beras di agen sebanyak 800 ton sedangkan di gudang bulog 863,135 ton, gula pasir di agen sebanyak  520 ton, terigu 3.850 karung, minyak goreng, 27 ton, mentega 2 ton, sagu 40 ton dan garam 450 ton . Sejumlah komoditas diawal bulan Ramadhan  di pasaran memang masih dalam kondisi cukup. Dalam kesempatan ini Penjabat Bupati juga menekankan masalah ekonomi produktif yang diharapkan dapat diberdayakan melalui Kantor Pemberdayaan dan Pembangunan Desa yang dipimpin Yulia Mizawati,BA.” Nantinya beras miskin pun dapat dibeli dengan harga nol rupiah (cuma-cuma) ke masyarakat. Hal ini menjadi bagian dari upaya mengangkat masyarakat miskin dari jurang kemiskinan” tambah Haryono Moelyo.  

Di depan para kepada dinas dan kantor dilingkungan pemkab, Penjabat Bupati berharap beberapa permasalahan pembangunan masyarakat dapat diatas dalam enam bulan kedepan kepemimpinannya,seperti masalah realisasi pergantian lahan  perluasan Jalan Protokol Sriwjaya. “ Untuk jalan di wilayah kelurahan kota dan parit sudah direalisasikan, namun ini ada di Desa Paal Satu masih mengalami kendala “ kata Plt Kadin Pekerjaan Umum. Sukanda S.Tande, ST.M.MT.

 Penjabat Bupati juga menyoroti beberapa agenda penting yang sudah dijadwalkan seperti pelaksanana Sail Indonesia 2008 yang terkait dengan Program Babel Archie 2010 dan Pelaksanaan Pemkada 23 Oktober nanti.  Berbicara didepan Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas, Penjabat menekankan untuk selalu berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait. Hal ini juga ditekankan kepada Kadin Perhubungan, Telkomunikasi dan Informatika Drs. Elly Rachman.

Sementara di bidang pendidikan, saat ini kondisi ketersediaan sarana perpustakaan mencapai 80%. Pembangunan Perpustakaan SD dibiayai oleh dana alokasi khusus (DAK) sedangkan perpustakaan SMP dibiayai dengan dana block grand dan APBD Kabupaten seperti yang dijelaskan Kadin  Pendidikan Sumardi SPd.Diakhir rapat, Sekda Kabupaten Belitung, Ir.Mulgani  mengingat kepala satuan kerja perangkat daerah untuk segera menyampaikan usulan anggaran pembangunan 2009. “ Pemenuhan jadwal penyampaian rencana anggaran ini perlu diperhatikan jangan sampai kita terkena pinalti, DAU ditahan dan DAK dikurangi” tambah Mulgani. Pada saat yang hampir bersamaan Di ruang Sidang DPRD Kabupaten Belitung juga digelar rapat pembahasan  APBD Perubahan 2008 (fithrorozi)