Tanjungpandan (WP), sejumlah pelajar yang tergabung dalam   Kontingen Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Belitung mengikuti POPDA Propinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang.

 

Salah satu program pembangunan pendidikan yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun 2008 adalah meningkatkan prestasi siswa di bidang olah raga. Peningkatan prestasi ini penting kita upayakan, karena para siswa merupakan sumberdaya potensial yang diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian dan peningkatan prestasi daerah dalam bidang olah raga.

Pemerintah Kabupaten Belitung terus berupaya mendorong pencapaian dan peningkatan prestasi siswa di bidang olah raga, melalui berbagai event olah raga yang dilaksanakan secara periodik  terencana, bertahap dan konsisten mulai dari Pordini, Olimpiade, Porseni, Persema hingga POPDA. Hal ini disampaikan Plt.Bupati Belitung melalui Staf Ahli Bupati Drs. Zakaria A Rifaie dalam sambutannya ketika melepas kontigen POPDA Belitung 2008 .

 

POPDA 2008 ini merupakan pekan olah pelajar keempat yang digelar Pemprov Kepulauan Bangka Belitung. Pada tahun sebelumnya penyelenggaraannya dikoordinir oleh  Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung namun  pada tahun keempat ini diselenggarkan oleh Dinas Pemuda Olah Raga yang juga merupakan dinas baru dilingkungan Propinsi Bangka Belitung.

 

Persiapan menghadapi POPDA Propinsi Bangka Belitung yang digelar dari tanggal 25-30 Agustus di Pangkalpinang ini sudah dimulai sejak  bulan Maret yang lalu dan diharapkan dapat mengukir prestasi dan mengharumkan nama daerah. 89 atlet akan mengikuti delapan cabang olah raga yaitu basket, bulu tangkis, sepak bola, takraw, tenis meja, tenis lapangan dan pencak silat. Selain 89 atlet tersebut, kontingen POPDA Belitung mengikutsertakan  14 pelatih, 11 official dan panita yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjungpandan. Keberangkatan kontingen  dibagi dalam dua kelompok. Sabtu (23/8) cabang sepak bola, kontingen kedua akan diberangkatkan sehari kemudian (24/8).

 

Ketua Kontingen Yerson melalui Farouk yang juga mendampingi atlet pencak silat mengatakan kontingen Belitung mentargetkan medali emas untuk beberapa cabang olah raga yakni 4 emas untuk cabang pencak silat wiralaga,  sepak bola, bulu tangkis dan  tenis meja. “ Target meraih emas dari tenis meja sudah diperkirakan jauh hari sebelumnya karena Nuri merupakan atlet tennis meja juara dari Belitung sebelum merupakan juara tingkat Nasional” kata Farouk yang dihubungi Warta Praja melalui telpon.

Sementara pada pada hari pertama cabang sepak bola Belitung ditahan imbang oleh Bangka 2 : 2 . Belitung kemudian unggul melawan Bangka Tengah pada pertandingan kedua (24/8)  5-0.  Hari ini, Selasa (26/8) dipertandingkan cabang  bulu tangkis, bola basket dan takraw. Rencananya seluruh kontingen akan kembali ke Belitung pada  tanggal 31 agustus nanti (fithrorozi)