Tanjungpandan (WP),  Berbeda dari dua tiga hari sebelumnya, Belitung Expo yang dibuka sejak tanggal 20 Agustus yang lalu ramai dikunjungi masyarakat termasuk dari Kabupaten Belitung Timur. Expo yang juga dikenal dengan Pameran Pembangunan ini menurut Saidi (50 tahun) terakhir kali juga diadakan di halaman luar Stadion Pangkallalang kira-kira 10 tahun lalu. “Dulu kegiatan yang sama dikenal dengan sebutan pasar malam yang diadakan di pusat kota di masa itu Pak Jarot (orangtua musisi nasional Eros Jarot) masih bertugas sebagai Danlanud Tanjungpandan” kata Saidi berkelakar.

 

Beberapa tahun kemudian pameran selalu dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila yang bertempat di Gedung Nasional Tanjungpandan. Bukan hanya Saidi, beberapa pengunjung berharap Pameran Pembangunan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin oleh Pemerintah. Hal serupa disampaikan Rosdiana bersama teman seprofesi yang membuka stand pakaian. Setiap harinya dari jam 15:00 hingga 21:30 mereka dapat menghasilkan pendapatan kurang lebih 2 juta perbulan.

 

Selain menjadi media informasi dan promosi, Belitung Expo 2008 juga menjadi ajang pertemuan budaya melalui penampilan  berbagai kesenian tradisional seperti  Barongsai “Naga Emas”, Kuda Lumping “Langeng Budoyo”, Barong Bali, Campak Darat Kemiri, Campak Laut “ Ketimang Burong”, Lesong Panjang “ Penawar Padi”, Betiong, Rudat, berbagai musik tradisional dan modern.

 

Setelah menyampaikan laporan pelaksanaan, panita mengumumkan penghargaan kepada pemilik stand pameran terbaik. Kategori Dinas/Instansi Juara I diraih kepada Dinas Perindagkop, Juara II diraih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, Juara III diraih  Lanud Tanjungpandan, sedangkan Juara Harapan I, II  masing-masing diraih  kepada Polres Belitung dan Dinas Pertanian dan Kehutanan.

 

Stand Terbaik untuk kategori Kecamatan adalah Juara I diraih Kecamatan Tanjungpandan, Juara II diraih  Kecamatan Selat Nasik, Juara III diraih  Stand Kecamatan Badau dan Juara Harapan I diraih  Kecamatan Sijuk.

 

Stand Terbaik untuk kategori Umum diberikan kepada Juara I untuk  Stand Azimi Florist, Juara II untuk Badan Narkotika Kabupaten Belitung, dan Juara III untuk Stand Dharma Wanita Kabupaten Belitung sedangkan Juara Harapan I dan II diberikan kepada Punggor Baguk dan Perkumpulan Tani Desa Air Merbau.

 

Pelaksanaan Belitung Expo 2008 resmi ditutup oleh Plt. Bupati Belitung pada  Minggu Malam, 24 Agustus (fithrorozi)