Tanjungpandan (WP), Jumlah pengunjung Belitung Expo 2008  di hari kedua, Kamis,22 Agustus menunjukkan peningkatan, rata-rata pengunjung stand mencapai 200 orang setiap hari sementara diareal pameran jumlah pengunjung berkisar antara 300-400 pengunjung, jumlah ini semakin. Selain hiburan musik, pemanfaatan teklonologi infocus merupakan daya pikat dari masing-masing stand seperti video atraksi  pesawat tempur Lanud Tanjungpandan, Polres Belitung, Setda Kabupaten Belitung dan berbagai arsip-arsip kuno yang ditampilkan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan.

 

Ramainya pengunjung pameran tentunya mendatangkan keuntungan tersendiri bagai usaha kecil yang menjajakan aneka permainan anak-anak. Penjaga Stand Dinas Kelautan dan Perikanan punya trik tersendiri  mempromosikan produk dari Workshop Perikanan Tanjung Binga. Beberapa perempuan tampak bertransaksi dengan beberapa ibu-ibu membeli nugget ikan, dan olahan  hasil laut lainnya. “ Nugget Ikan yang terbuat dari campuran ikan ruca-ruca, wortel, tepung dijual Rp.10.000 per 250 grams” kata penjaga stand hasil olahan Dinas Kelautan dan Perikanan. Ikan-ikan yang dikumpulkan dari nelayan bagan kami beli dengan harga relatif murah. Dari 10 kg ikan ruca-ruca (campuran dari berbagai jenis ikan) bisa menghasilkan 12 hingga 15 kg nugget oleh kelompok pengolah yang terdiri dari 6-8 ibu rumah tangga. Produk industri rumah tangga yang lain juga ditampilkan oleh Stand Dinas Perindagkop bersama dengan manajemen Galeri UMKM Tanjungpandan.

 

Selain produk, peserta pameran juga menampilkan berbagai data sebagai bentuk sosialisasi masyarakat. Dengan memajang kendaraan korban kecelakaan lalu lintas kami berharap dapat memotivasi masyarakat berkendara dengan tertib, kata penjaga stand dari Polres Belitung. Jumlah kendaraan bermotor yang terdaftar di Polres Belitung hingga Juli 2008 berjumlah 82.788 kendaraan,  meliputi mobil penumpang 2.165 unit, mobil beban 4.469 unit, minibus 185 unit  dan sepeda motor  75.969 unit

 

Berdasarkan panel data produksi SIM 2008 Satlantas Polres Belitung, jumlah SIM baru yang dikeluarkan berjumlah 532 SIM A dan 2.932  SIM C. Total produksi jenis SIM  Baru, Perpanjangan dan Peningkatan hingga Juli tahun 2008 mencapai 8.469 SIM. Sedangkan total produksi SIM Tahun 2007 berjumlah 10.820 SIM. Sementara korban kecelakaan dari januari hingga Juli 2008 yang meninggal dunia sebanyak 20 korban dan luka berat 7 korban dan 2 luka ringan dengan taksiran  kerugian mencapai RP.93 juta . Sedangkan Tahun 2007 yang meninggal dunia sebanyak 29 korban dan luka berat 11 korban  dan 9 korban luka ringan dengan taksiran kerugian Rp.26,3 juta.

 

Selain itu Polres Belitung mensosialisasi kesatuan baru Polisi Pariwisata melalui patung berseragam Polisi Pariwisata. Maksud serupa juga ditampilkan Standa Badan Narkotika (BNK) Daerah, melalui slide, video, buka dari berbagai dokumen melakukan sosialisasi anti narkoba sehingga dapat memahami dampak penyalahgunaan korban narkotika (fithrorozi)