Tanjungpandan (WP),  Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Periode 2004-2009 telah  berakhir menyusul ketentuan undang-undang yang mengharuskan incumbent mundur setelah pendaftaran sebagai calon Kepala Daerah periode berikutnya, dan segera akan dilantik Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2009-2014 setelah hasil Pemilu Bupati/Wakil Bupati ditetapkan.

 

Sesuai UU nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, UU nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Simrennas) dan PP Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanan Pembangunan Daerah.

Bupati dan Wakil Bupati Terpilih harus menyusun dokumen Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang sebelumnya kita kenal dengan Rencana Strategis Daerah (Renstrada).

 

Dokumnen inilah yang menjadi dasar dan acuan penyusunan Rencana Kerja Tahunan yang dituangkan dalam keputusan Bupati tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang bersumber dairi Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD).

 

Asisten I Bidang Pemerintah Drs.Jasagung Hariyadi Msi mewakili Plt Bupati Belitung berharap agar peserta dapat mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami materi dan dapat mendukung penyusunan RPJMD dan RKPD yang akan datang. Ketika menyampaikan hal tersebut diatas dalam sambutan pembukaan Diklat Penyusunan RPJMD di Ruang Sidang Setda Kabupaten Belitung, Selasa (5/8), pukul 08:30

 

Materi diklat yang berlangsung selama empat hari (5-8 Agustus) yang diikuti 40 peserta terselanggara atas kerjasama  Kantor Diklat Kabupaten Belitung dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Departemen Dalam Negeri mencakup :

 

  • Mekanisme dan Tata Cara Penyusunan Perencanan Pembangunan Daerah (Menurut UU Nomor 25 Tahun 2004 dan UU Nomor 32 Tahun 2004)

  • Perencanan dan Penganggaran Daerah;

  • Penyusunan RPJMD yang meliputi  Arah dan Kebijakan RPJM, Uraian dan Kegiatan pokok RPJM dan  Indikator Capaian RPJM

  • Indikator Kinerja Lembaga (SKPD) meliputi  konsepsi indikator Kinerja SKPD,  Pengukuran Indikator Kinerja, dan Strategi Keberhasilan Pengukuran Kinerja

  • Sosialisasi PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan dan Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, Pelaksanaan Evaluasi Pembangunan Daerah;

  •  Pembinaan dan Pengendalian Pembangunan;

  •  Penyusunan Renstra (Renstra) SKPD dan Konsepsi Penyusunan Renstra (Praktek Penyusunan).

  • Penyusunan Rencana Kerja (Renja) SKPD yang mencakup. Penyusunan Kerja Anggaran, penetapan Rencana Kerja dan Anggaran, dan  Praktek Penyusunan Rencana Kerja SKPD 

Dengan dukungan sumber daya aparatur diharapkan Rencana Kerja Tahunan dan RPJM dapat memberikan arah pembangunan tahunan dan lima tahun kedepan. Selain itu visi dan misi yang disampaikan calon Bupati/Wakil Bupati pada saat berkampanye menjadi titik tolak Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) lima tahun kedepan ketika calon tersebut terpilih. Kepala Kantor Diklat Kabupaten Belitung Mirang Uganda, tampak hadir mendampingi  narasumber  Ir.Istiarso Suryo,MEng ketika memberikan materi pada sesi pertama pelatihan (fithrorozi)