Tanjungpandan (WP), “Dari enam kewenangan perizinan yang telah dilimpahkan Pemerintah Kabupaten Belitung ke Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), kami telah mengeluarkan kurang lebih 4 SITU hari ini (5/8)”, kata Kepala Kantor PTSP Gustono,SIp kepada Warta Praja.
Dalam kondisi yang masih berbenah dengan kantor baru, kami berupaya agar masyarakat dapat mengetahui tugas, fungsi serta lokasi Kantor PTSP ini dan diharapkan dengan kemudahan perizinan ini perekonomian daerah dapat meningkat. Untuk kepengurusan izin SIUP misalnya, kami berupaya untuk mempersingkat proses sehingga bisa dikeluarkan dalam satu hari” kata Gustono

Enam perizinan yang dimaksud meliputi perizinan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Izin Undang-undang Gangguan HO, Izin Usaha Perikanan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Usaha Jasa Kontruksi (IUJK) sebagaimana dijelaskan pada Peraturan Bupati No 15 tahun 2008 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan di Bidang Perizinan dan Non Perizinan. “Nantinya kami juga akan mensosilasikan keberadaan PTSP ini antara lain melalui brosur yang disebar ke kantor kecamatan dan kantor-kantor desa/kelurahan sehubungan dengan tata cara pengurusan izin.
Secara administrasi, dengan diadakan rapat pembahasan sehubungan dengan pembentukan kantor ini juga termasuk bagian dari upaya sosialisasi pemerintah khususnya kepada dinas-dinas yang terkait dengan perizinan.

Selain didukung dari sarana dan prasarana fisik, keberadaan PTSP ini perlu ditunjang dengan sumberdaya aparatur yang memadai. Hal ini disampaikan Gustono menyikapi belum terbentuknya Tim Kerja Teknis yang memberikan pertimbangan terhadap izin Ganguan HO. Dengan demikian Tim Pembina PTSP yang diketuai Bupati, sekretaris Bagian Hukum dan Organisasi Setda Kabupaten Belitung yang beranggotakan aparatur dari dinas-dinas terkait nantinya dapat memberikan pertimbangan yang cepat atas pelaksanaan tugas dan fungsi PTSP agar lebih optimal (fithrorozi)