Tanjungpandan (WP), Bupati Belitung Ir.Darmansyah Husein tampak serius mengamati goresan pensil dan crayon anak-anak TK dan SD. Sesekali Bupati bencengkrama dengan sejumlah anak yang sibuk mempersiapkan meja kecil mengisi ruang di Gedung Serba Guna Setda Kabupaten Belitung.

 

Beberapa saat kemudian, Bupati mengajak empat anak naik ke panggung. “ Apa nama motto kota Tanjungpandan ”, tanya Bupati. Salah satu dari keempat anak menjawab lantang “Tanjungpandan Kota Bertuah”. 

 

Suasana pun semarak dengan kesibukan anak-anak berkreativitas memberi warna diatas kertas putih. Turut hadir pada acara pembukaan Hari ini (18/7) Camat Tanjungpandan Azhar Sip, Lurah kota  Subei. Lomba Mewarnai Tingkat TK dan SD ini dilaksanakan atas kerjasama  Kecamatan Tanjungpandan dengan Harian Pagi Pos Belitung yang digelar di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung. Acara ini juga mendapat dukungan dari Penerbit Erlangga, Toko Buku Widodo dan Telkomsel . Lomba ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-170.

 

Minat peserta mengikuti lomba yang  bertema “Bersama-sama Membangun Kota Tanjungpandan” cukup tinggi. Pendaftaran bertempat di Kantor Harian Pagi Pos Belitung di Jalan Diponegoro No 35 Tanjungpandan dan Kantor Camat Tanjungpandan di jalan Sudirman pada jam kerja. Panitia membatas jumlah peserta sebanyak 200 orang murdi TK dan SD (kelas 1 dan 2)

 

Lomba kreativitas anak ini juga diwarnai dengan penampilan badut Rian Enterprize, pemampilan tarian dari Sanggar Sri Bedari SMPN 3 Tanjungandan. Sebagaimana dikutip dari Harian Pos Belitung (18/7) pada tanggal 6 Juli yang lalu Sanggar Sri Bedari berhasil meraih Juara Pertama Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan mewakili Babel dalam jang Festival Tari Pelajar Tingkat Nasional di Bandung, 21-27 Juli 2008.

 

Sepanjang bulan Juli, kota Tanjungpandan yang “berulang tahun” ke-170 tanggal 1 Juli yang lalu diwarnai berbagai kegiatan mulai dari atraksi budaya,  pemilihan Bujang Dayang Belitong, pemilihan warga berprestasi hingga pemilihan flora fauna dari para penggemar (Fithro/Supriadi).