Tanjungpandan (WP),Pengcab Belitung telah menyeleksi 32 atlet putra dan yang berlaga pada dua kategori yakni Wiralaga dan Wisangga.  Kepengurusan Pengcab IPSI Kabupaten Belitung sudah mulai baik karena sudah mulai memperhatikan prestasi atlet-atlettnya dengan mengadakan kejuaraan seperti ini. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus diadakan”, kata Elsa Fikrian, pelatih dari Perguruan Tapak Suci .

Ketua Pengda IPSI, Drs, Hudarni Rani melalui Wakil Ketua Ir.Hermanto menyambut baik penyelenggaraan ini. Pada acara Penutupan Seleksi Kejurda Pencak Silat Golongan Dewasa 2008 di GOR Tanjungpandan Minggu malam (22/6). Ir.Hermanto berharap kegiatan ini juga memperkuat tali  persaudaraan dan solidaritas insan pencak silat di Kabupaten Belitung.

Silat mengacu pada prinsip Sholat yang menekankan adab, pola dan jiwa insan pencak silat. Adab ini tidak saja dimiliki oleh atlet Pencak Silat, tetapi juga oleh wasit/juri serta  panitia pelaksana. Selain membina atlet,  kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan wasit/juri sebagaimana yang maksud dan tujuan diadakannya Sosialisasi Wasit/Juri yang lalu.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Program Kerja IPSI Pengcab Belitung periode 2008-2013. Selain melaksanakan program kerja dan kegiatan pembinaan kepada setiap perguruan pencak silat. IPSI Pengcab Belitung juga meluncurkan situs website sebagai media komunikasi dan informasi sehingga Pengurus Besar IPSI  ataupun Pengda IPSI Bangka Belitung dapat memantau kinerja IPSI Pengcab Belitung.

Setelah pembacaan kata Sambutan dari Pengda Bangka Belitung, Ir.Hermanto didampingi Ketua IPSI Pengcab Belitung  Sahani Saleh,BA menyerahkan Tropi Juara Umum kepada Perguruan Silat Tapak Suci. Juara Umum II diraih oleh Perguruan Silat Persinas Asad dan Juara Umum III diraih Perguruan Silat  Trisula Merah Bara (PS.Trimeba).

IPSI Pengda Bangka Belitung maupun IPSI Pengcab Belitung menyampaikan rasa terimakasih kepada KONI Kabupaten Belitung yang telah mendukung moril maupun materi hingga terlaksananya kegiatan Seleksi Kejuaraan Daerah Pencak Silat oleh IPSI Pengcab Belitung ini.

Nurul Izzatullah, Ketua Penyelenggara mengumumkan juara masing-masing kelas yang dipertandingkan. Juara Kelas A Putra Afriansyah (PS.Tapak Suci), Kelas B Putra Muhammad Lalu Satriadi (PS.Tapak Suci), Juara Kelas C Putra Meryadi (PS.Setia Kawan) , Kelas D Putra (Ade Chandra (PS.Tapak Suci), Kelas E Putra Ghofan (Persinas Asad) dan Juara Kelas F Putra juga dimenangkan oleh pesilat dari Persinas Asad.

Sementara Kelas Wisarangga Putra dijuarai oleh Jentop (PS.Belalang Putih) dan Wirasangga Putri, Leni (PS.Trimeba). Selain ini dipertandingkan partai eksibisi yang dimenang oleh Puput (Persaudaraan Setia Hati Terate) dan Rinda dari Persaudaraan Setia Hati Terate (fithrorozi).