Tanjungpandan (WP) Pada tanggal 23 April 2008 (09:00 Wib), Bupati membuka “Temu Usaha Besar dan Usaha Kecil Kabupaten Belitung “ yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal Kabupaten Belitung.

Didepan narasumber dari Direktur Tanaman Buah Dirjen Hortikultura Departemen Pertanian RI dan Direktur PT.Agung Mustika Selaras, Bupati berharap dalam membawa “promosi baik” produksi masyarakat Belitung ke dunia luar.

Selain potensi di sektor pertambangan dan sektor perikanan dan kelautan, potensi sektor pertanian (holtikultura) cukup baik di Kabupaten Belitung, namun pengembangannya masih dilakukan secara tradisional antara lain dengan konsep kebun rakyat (kelekak). Sebetulnya sejarah keberhasilan lada tahun 1990-an yang mampu meningkatkan pendapatan petani dapat memotivasi pengembangan sektor perkebunan rakyat . Contoh lain kita perlu melakukan ekspor buah manggis tahun 2005.
Komoditas pertanian ini menjadi unsur penting dalam pengembangan Kawasan Agropolitan yang sudah ditetapkan sejak tahun 2003.

Bupati berharap “Temu Usaha Besar dan Kecil Agribisnis Kabupaten Belitung” ini dapat mengoptimalkan pencapaian program Agropolitan diakhir sambutannya (fithrorozi)