Tanjungpandan(WP) Bupati pada hari Minggu, 20 April 2008 membuka Kuliah Perdana UT kelompok Belajar Mahasiswa Belitung UPJJ UT Pangkalpinang TA.2008.1 yang diikuti sekitar 100 mahasiswa di Gedung Nasional, Tanjungpandan.

Didepan Kepala UPBJJ UT Pangkalpinang, Dr.Maman Rumansyah MSi yang akan memberikan kuliah perdana, Bupati berharap UPBJJ UT Pangkal pinang dapat menjalin kerjasama dan mendorong kemajuan Kelompok Belajar Mahasiswa UT Belitung.

Bupati beramanat, terkait dengan pembukaan UUD 1945 yang salah satu tujuan perjuangan pergerakan kemerdekaan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
Pemerintah terus berupaya memperluas pemerataan kesempatan pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Pemerintah telah mewajibkan pendidikan dasar melalui Program Wajib Belajar 9 tahun.

Pemerataan itu diupayakan antara lain dengan meresmikan UT sebagai Perguruan Tinggi ke-45 di Indonesia melalui Keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1984 yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984

“Untuk mendorong PNS daerah ini meningkatkan pengetahuan dan basis pendidikan, setiap semester Pemda secara konsisten memberikan bantuan uang belajar. Walaupun nilainya belum mencukupi, tetapi itulah wujud perhatian Pemda terhadap peningkatan kualitas sumberdaya aparatur” ungkap Bupati di depan mahasiswa PNS dan non PNS yang semakin tinggi minatnya mengikuti Kuliah di Universitas Terbuka.(fithrorozi)