Suara alat musik dan gerak tubuh mayaoret Drumb Band Bina Praja mengundang perhatian masyarakat. Sepanjang jalan Jalan A.Yani masyarakat menyaksikan Pawai Ta’aruf yang diikuti kafilah-kafilah yang yang akan tampil dalam Musabagah Tillawatil Quran (MTQ)

 

Pawai ta’aruf  diikuti para pelajar TPA, madrasah, SD, SLTP, dan SMU di Kabupaten Belitung, serta para kafilah masing-masing kecamatan. Pawai Ta’aruf ini merupakan kegiatan pendahuluan dari MTQ Kabupaten Belitung  yang dimulai dari halaman Kantor Bupati Belitung hingga berakhir di Masjid Al Ihram Tanjungpandan

 

Banyak cara menjembatani komunikasi dan keterjangkauan informasi kepada masyarakat,  antar pemeluk agama, antar  kelompok muda dan awam ataupun antara pemerintah dan masyarakat. Ketua pelaksana MTQ sengaja menciptakan suasana semarak, menyebarkan informasi melalui radio Suara Praja yang tak lain agar gema MTQ tidak kalah dengan gelar acara Budaya, dan pentas hiburan yang sering menghebohkan  seperti program   Degau Abis  (bhs Belitong: heboh) yang digelar Radio Jiss FM pada tanggal 19 April 2008 kadang lebih diminati dibandingkan dengan kegiatan MTQ.

MTQ Tingkat Kabupaten Belitung 2008 juga menjadi ajang seleksi MTQ Tingkat Provinsi yang diselenggarkan dari tanggal 14 hingga 16 April 2008. Dijadwalkan akan dibuka Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein malam pukul 19.30 WIB, dipusatkan di di Masjid Al Ihram Tanjungpendam, Tanjungpandan.

 

MTQ Tingkat Kabupaten ini diikuti para kafilah dari lima kecamatan di Kabupaten Belitung, yaitu Kecamatan Tanjungpandan, Sijuk, Badau, Membalong, dan Selat Nasik. Ajang ini untuk menjaring para kafilah-kafilah terbaik yang nantinya akan mewakili Kabupaten Belitung ke MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada bulan  Mei nanti.


Pada MTQ ini, akan diperlombakan sejumlah cabang lomba, seperti tilawah dewasa putra/putri, remaja putra/putri, anak-anak putra/putri, tartil putra/putri, qiroat sab’ah putra/putri, hafalan 1 juz putra putri, 10 juz putra/putri, tahmil, qhot (kaligrafi jenis naskah dan dekorasi, tilawah tuna netra dan lainnya).Lomba Tilawah dipusatkan di Masjid Al Ihram Tanjungpendam, Lomba Tartil di SD Negeri 38 Tanjungpandan, dan Lomba Qhot di STAIN Syekh Abdurrahman Siddiq Kampus B Tanjungpandan . Wakil Bupati Belitung Andi Saparudin Lanna,SH membuka kegiatan MTQ Kabupaten yang dihadiri oleh Ketua DPRD Belitung Drs,Suhardi, Setda Kabupaten Belitung Ir Mulgani pada malam tanggal 14 April 2008.

 

 

 

Pada tanggal 16 April giliran  Bupati Belitung Ir,Darmansyah Husein yang menutup pelaksaanan MTQ Kabupaten Belitung tahun 2008 ini sekaligs menyerahkan piala tetap dan bergilir kepada Kecamatan Tanjungpandan yang menjadi juara umum dengan perolehan 85 poin yang diwakili oleh Camat Tanjungpandan, Azhar,Sip. Juara pertama memperolah uang penghargaan Rp. 1 juta, juara kedua Rp.750.000 dan juara ketiga Rp. 500.000. Untuk cabang tahmil (cerdas cermat) beregu, juara pertama mendapat uang penghargaan Rp. 1.750.000 juta, juara kedua Rp. 1.450.000 dan juara ketiga Rp. 1.200.000.

 

Ketua Panitia Imam Syafei dalam sambutannya menyatakan MTQ berjalan cukup lancar, namun dari tahun ke tahun pelaksaan MTQ belum cukup menggembirakan. Kita patut merasa bangga ada seorang H.Marsidi Surdji yang juga menjadi hakim tingkat nasional. Juara I MTQ Kabupaten akan dikirim ke MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2008 yang akan diselenggarakan di Toboali (Bangka Belatan) tanggal 20-27 Mei mendatang.

 

“MTQ bukan hanya sebagai ajang kompetisi tetapi juga media untuk memotivasi, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Al-Qur’an terutama dalam menghadapi sekularisasi budaya global” kata Bupati, Ir.Darmansyah Husein dalam pidato penutupan MTQ Kabupaten Belitung tahun 2008. (fithrorozi).