Tanjungpandan, pada tanggal 29 Februari 2008, Bupati meresmikan Operasional Galery KUKM Belitung. Pada kesempatan ini Bupati juga menandatangani prasasti peresmian, Gedung Dinas Perindustrikan, Perdagangan dan Koperasi, Petak Toko Pasar Ikan Tanjungpandan, Gedung Kantor Pertanian dan Kehutanan. Sekaligus meresmikan proyek 8 paket jalan. Secara keseluruhan proyek fisik pada tahun 2008 berjumlah 107 kegiatan dengan total biaya Rp.

Galeri UKM diharapkan menjadi ajang pertemuan bisnis, media promosi produk UKM, karena pemasaran merupakan masalah yang sering UKM.
Selain Gedung Galery yang menjadi tempat pertemuan (Wisma Ria II), Pemerintah juga membenahi ex Kantor Pusat PT.Timah (Hoofdkantoor) menjadi City Club. “Tentunya banyak gedung-gedung yang perlu kita benahi, namun terkendala dengan status kekayaaan negara. Pengalihan status ke pemerintah daerah akan dikoordinasikan dengan Departemen Keuangan di Jakarta“ jelas Bupati, Ir.Darmansyah Husein.

Pertemuan ini dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Kepala Pengadilan, Dandim, sejumlah pengusaha, dan pengunjung termasuk warga negara Austria. Oleh karena itu Gallery ini diharapkan mampu menjadi price setter

Pada tahun 2008, kunjungan mancanegara meningkatkan terkait dengan Sail Indonesia 2008 yang direncanakan 15 – akhir Oktober dengan dua etape diikuti kurang lebih 300 yacht. Kedua etape akan singgah ke Belitung. Kunjungan wisatawan perlu direspon dengan tradisi Budaya, apa yang menjadi kritikan berbagai pihak mengenai “ makan bedulang “ pada Sail 2007, diharapkan pada Sail 2008 dapat memanfaatkan Rumah Adat yang diharapkan segera diselesaikan.

Pemerintah menetapkan 3 strategi utama pembangunan, meningkatkan Infrastruktur, Suprastruktur dan pengembangan personil pengelola. Dalam 5-10 kita berupaya untuk mengembangkan Free Trade Zone sebagaimana yang diungkapkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Dari 120 milyar anggaran yang direncanakan, setahap demi APBD bisa mendanai 40 M pembangunan Pelabuhan Tanjung Batu. Kita menyadari pembangunan berkelanjutan harus dikaitkan dengan struktur anggaran (APBD)
Untuk membangun infrastruktur jalan misalnya, perlu mempertimbangkan konsep perencanaan wilayah (matrik lokasi) untuk mengintegrasikan hasil produksi masyarakat di wilayah berbeda.

Pemerintah akan membuat Pusat Pengembangan Sumberdaya Belitung yang ditujukan baik untuk pegawai pemerintah maupun masyarakat. Pada waktu dekat, Pemda akan melucurkan Program Jaminan Kesehatan belitung (JKB) dengan jangkauan pelayanan hingga ke Jakarta dan Pendidikan “Gratis” dari SD hingga SMA.(fithrorozi)