Membalong (WP) Berdasarkan Keputusan Bupati Belitung Nomor 141/017/KEP/I/2008 tanggal 14 Februari 2008 tentang Pemberhentian Kepala Desa dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Hasil Pemilihan Kepala Desa Gunung Riting Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung Periode 2008-2014, Bupati melantik Sdr.Yusman sebagai Kades Gunung Riting pada tanggal 28 Februari 2008 menggantikan Asmu’i Muchtar.

Tahun 2007-2008 merupakan tahun transisi kepemimpinan bagi Pemerintah Desa berkaitan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa dan beberapa Peraturan menteri Dalam negeri sebagai petunjuk pelaksanaannya. Pemerintah daerah menetapkan Peraturan Daerah tentang Desa salah satu diantaranya Perda Nomor 6 tahun 2007 tentang Badan Permusyawaratan Desa, dengan demikian Perda Nomor 9 tahun 2000 tentang Pembentukan Perwakilan Desa tidak berlaku lagi.

Desa Gunung Riting merupakan hasil pemekaran Desa Mentigi pada tahun 2002, mayoritas penduduknya bekerja di sektor perkebunan terutama Nira, dan sektor kelautan dengan jumlah penduduk 1.378 jiwa.

Acara ini selain dihadiri unsur Wakil Bupati Belitung, Setda Kabupaten Belitung, Anggota DPRD, Asisten I dan II Setda Kabupaten Belitung, aparatur kabupaten/kecamatan Membalong dan tokoh masyarakat.

Setelah pelantikan, Bupati didampingi Kepala Dinas Perikan dan Kelautan, Marwan Sukani beserta rombongan meninjau Balai Benih Ikan Air Laut di Tanjung Rusa yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagian besar hasil pembibitan ikan kerapu bebek dijual ke Selat Nasik. Peninjauan dilanjutkan ke Balai Benih Ikan Air Tawar yang dibiayani APBD tahun 2007 senilai Rp.1,5 milyar. Pada tahap pertama dilepas 38 induk ikan nilai, dalam 1 minggu telah menghasilkan nener dan dipisahkan dari kolom utama (fithrorozi)