Tanjungpandan (WP) Berdasarkan Keputusan Bupati Belitung Nomor 141/003/ KEP/I/2008 tentang Pemberhentian Pejabat Sementara Kades dan Pengesahan Pengangkatan Kades Hasil Pemilihan Kades Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan Periode 2008-2014.
pada tanggal 13 Februari 2008 bertempat di Kantor Desa Air Merbau dilantik Sdr. Akhmad Saleh sebagai Kades Air Merbau mengganti M.Djalie AK.

Alokasi Dana Efektif hendaknya dapat dimanfaatkan secara proporsional antara Anggaran Rutin dan Alokasi Anggaran Pembangunan.

Alokasi anggaran yang efektif diharapkan dalam mengurangi tingkat kemiskinan dan bagaimana sumber dan program pengembangan desa seperti dana Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) dan peningkatan Alokasi Dana Desa tidak tumpang tindih

Oleh karena itu, peran Kepala Desa menjadi strategis dalam meningkatkan pemberdayaan dan peningkatan partisipasi dalam kegiatan pembangunan. Hal ini berlaku untuk Kepala Desa/ Lurah di Kabupaten Belitung. Untuk kondisi penduduk terutama mobilitas penduduk perlu dilakukan pencatatan secara akurat